.comment-content a {display: none;}

Thursday, 5 September 2013

Asyiknya Menulis Dan Belajar Bahasa Asing

Diposkan oleh Reffi Seftianti di 20:38
Response 
Kenaikan BBM yang baru saja dijalankan oleh pemerintah telah membuat euforia sendiri di tengah masyarakat. Semuanya meributkan naiknya harga-harga kebutuhan pokok yang membubung tinggi. Tak terkecuali saya sebagai seorang mahasiswa yang tinggal di tempat kos dan sedang butuh banyak biaya untuk menjalani skripsi dan wisuda. Sudah seharusnya sebagai mahasiswa yang dikaruniai akal dan pendidikan tinggi, kita tidak hanya merengek meminta kenaikan uang saku tanpa mempedulikan kesulitan orang tua.

Saya dapat mencari uang tambahan uang dengan menulis. Lewat menjadi anggota di grup agensi naskah, saya mengikuti proyek menulis artikel untuk web content. Sumber data banyak ditemukan di internet atau buku, tinggal berimprovisasi dengan gaya bahasa sendiri dan membuat artikel yang berbeda. Dengan membuat artikel 1000 kata per hari selama sebulan penuh, saya mendapatkan honor Rp 750000, apalagi bagi yang bisa menambah artikel malah honornya bisa lebih dari itu. Saat ini saya juga masih mengerjakan proyek penulisan artikel 350 kata dengan honor per artikel Rp 7500.

Dengan belajar bahasa asing, kita juga bisa tetap bekerja tanpa meninggalkan rumah. Misalnya jika anda menjadi penerjemah buku bahasa asing, komik, atau naskah film, anda cukup bekerja di rumah dan mendapatkan honor yang lumayan menjanjikan. Anda juga bisa membuka kursus bahasa asing. Saat ini saya menekuni bahasa Jepang, selain belajar bahasa Inggris, dan syukurlah banyak pengalaman-pengalaman menarik yang saya petik selama menekuni pembelajaran bahasa asing.

Karena latar belakang pendidikan saya bahasa Jepang, saya juga menerima proyek menerjemahkan naskah perusahaan bahasa Jepang dan pernah menjadi interpreter bahasa Jepang. Terbukti dengan menulis dapat menambah tabungan dan menambah penghasilan. Mendayagunakan kemampuan berbahasa juga dapat menjadi ladang yang empuk untuk menambah penghasilan. Mengurangi aktivitas nongkrong atau hal tidak penting lainnya harus rela kita lakukan agar otak kita produktif dan kreativitas kita meningkat demi mencari celah menuju kemandirian. Jadi menulislah dan belajarlah dengan tekun berbagai macam bahasa asing, karena pekerjaan kreatif tersebut dapat dilakukan kapan saja tanpa terikat batas usia. 

Memang belajar bahasa asing dan menulis merupakan pekerjaan yang membutuhkan komitmen serta ketekunan. Tetapi dengan banyaknya manfaat yang diperoleh, tentunya kedua hal tersebut bisa menjadi alternatif yang menarik untuk menambah keahlian kita di tengah zaman globalisasi seperti saat ini. Tidak perlu menajdi ahli bahasa untuk mulai menulis, menulislah dari yang anda ketahui. Jika anda memiliki latar belakang pendidikan teknik, anda bisa menulis hal-hal atau naskah mengenai dunia teknik. Dengan menulis ilmu anda juga bisa bermanfaat untuk orang lain.Dengan belajar bahasa asing apapun, otak anda akan terus terlatih dan kepercayaan diri anda juga akan turut meningkat. Pekerjaan kreatifpun bisa kita ciptakan sendiri.

0 komentar:

Post a Comment

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^


 

Kata Reffi Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos

badge