Monday, 11 November 2013

Bukan Sekedar Pahlawan

http://earlhaig.ca/library/wp-content/uploads/2013/04/hero.jpg

Hidup adalah petualangan itu sendiri. Petualangan adalah sebuah perjalanan yang kita tempuh tanp tahu medan. Bukan hanya menjelajahi gunung dan perbukitan, tapi bagaimana kita berani mengambil langkah maju walau belum tahu apa yang ada di tengah perjalanan itu nanti. Ketika keberanian itu muncul, keyakinan digenggam, maka kegagalan apapun akan membuat kita semakin kuat. Luka-luka di perjalanan akan menempa kita menjadi semakin tangguh. Inilah yang saya sebut pahlawan bagi diri sendiri.
Ingin menjadi pahlawan adalah sebuah sikap dasar manusia. Pahlawan identik dengan penghargaan dan penghormatan dari orang lain atau lingkungan. Esensi kepahlawanan adalah mendahulukan kepentingan bersama dibandingkan keegoisan pribadi. Namun, aajah itu sebuah rasa yang tulus atau hanya untuk sekedar pamer, orang lain tidak ada yang tahu. Hanya diri sendiri dan Tuhan yang mengetahui apa yang tersimpan di hati.
Tidak perlu muluk-muluk, cukup mulai dengan tersenyum dan memberi ketulusan pada orang lain. Bahkan penghargaan yang keluar dari masing-masing hati gembira dan bersyukur atas keberadaan kita, akan terasa lebih menyentuh juga membahagiakan. Jika ingin memiliki keinginan lebih besar lagi untuk membantu sesama, maka lakukan bertahap sesuai kemampuan. Eits, ingat bukan untuk menyombongkan diri ya.

Bagi saya menjadi pahlawan terbaik, dimulai dengan menjadi pahlawan bagi diri sendiri. Misalnya mengatasi rasa malas dan mengenyampingkan ego untuk bersenang-senang demi mengerjakan tugas yang penting. Kalau kita sudah bisa mengalahkan ego dalam diri, pelan-pelan akan muncul sikap disiplin dan bukan tidak mungkin kepribadian kuat itu akan membentuk seorang pahlawan baru. Pahlawan kehidupan dalam petualangan kita.

No comments:

Post a Comment

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^