.comment-content a {display: none;}

Tuesday, 21 January 2014

Berani Berkata 'Tidak'

Diposkan oleh Reffi Seftianti di 08:24
Response 
Saya setuju dengan artikel Pakde Cholik yang berjudul  Sikap Permisive Itu Berbahaya. Seringkali karena ingin disukai orang lain, seseorang mudah sekali berkata ‘ya’ pada semua perkataan dan permintaan tolong yang ditujukan padanya. Menurut saya sikap permisif yang paling parah adalah kemampuan untuk tidak bisa berkata ‘tidak’ atau ‘no’ terhadap permintaan orang lain.

    Hanya karena ingin disenangi kawan, kita berusaha tampil memakai pakaian yang tidak sesuai selera. Misalnya saja jika kawan menyukai pakaian serba pink, sementara kita sebenarnya anti pink. Apakah pantas jika kenyamanan diri kita menjadi terganggu demi menyenangkan orang lain?


Pada orang tua, sikap permisif juga sangat membahayakan anak-anaknya. Salah satu contoh yang baru saja hangat dibicarakan adalah kasus putra bungsu musisi papan atas Ahmad Dhani, yang mengalami kecelakaan lalu lintas di jalan tol dan menyebabkan beberapa orang tewas. Menyayangi anak bukan berarti mengizinkan mereka melakukan apapun tanpa adanya batasan. Orang tua harus tegas berkata tidak pada permintaan anaknya yang dirasa tidak sesuai, misalnya saja mengendarai kendaraan padahal usia belum mencapai tujuh belas tahun. Tanggung jawab harus dipupuk sejak dini kepada anak-anak.

Apa saja kerugian bersikap permisif?
·         Kita tidak menjadi diri sendiri. Jika memang kita berbeda demi kebaikan, apa salahnya jika kita berkata ‘tidak’ pada permintaan orang lain yang tidak sesuai kata hati. Janganlah menjadi orang munafik.
·         Orang lain tidak akan menghargai kita. Mereka bisa seenaknya meminta bantuan apapun tanpa peduli dengan kemampuan kita.

·         Pada level masyarakat, sikap pemerinah yang tidak tegas memberi pengarahan pada orang-orang yang melanggar peraturan sejak awal, akan menyebabkan banyak permasalahan. Contohnya, soal penataan PKL di trotoar. Coba saja misalnya sejak awal pemerintah setempat sudah memberi pengarahan secara berkala dan memberi solusi yang baik, tentu kasus penggusuran yang dibumbui kekerasan tidak akan sampai terjadi.


2 komentar:

Pakde Cholik on 21 January 2014 at 13:48 said...

Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam Giveaway 2 Hari
Salam hangat dari surabaya

Reffi Seftianti on 21 January 2014 at 15:42 said...

sering2 ngadain GA ya pakde.. ^^

Post a Comment

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^


 

Kata Reffi Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos

badge