Belajar dari Kesalahan

Merenungkan apa yang kita lakukan tidak perlu menunggu setelah satu tahun berlalu. Setelah hari ini berlalu, maka hari ini akan menjadi masa lalu. Apa yang telah kita lakukan? Kata-kata apa yang telah kita ucapkan, patut kita renungi lagi di keesokan hari. Manusia adalah tempat bermukimnya salah, amun manusia mampu mengolah kesalahan itu menjadi sumber pembelajaran terbaik.

Orang lain bsa jadi membenci kita. Kesalahan kita mungkin sulit termaafkan. Bersedih lalu merenung, itulah hal pertama yang bisa kita lakukan. Tuhan, selalu memberi pengampunan, tetapi sanggupkah kita hidup menanggung perih akibat dikucilkan sesama?

Berikutnya, dari kesalahan itulah, sebuah pembentukan diri yang baru dimulai. Hidup berdasarkan rasa takut berlebihan hanya akan menghambat kemajuan. Biarkan hati menentukan jalannya. Lepaskan beban yang menggelanyut di pundak. Tatap masa depan dengan penuh kebanggaan.


5 komentar

Ione Nasition mengatakan...

pernah mengalami hal ini, tapi alhamdulillah semuanya sudah berlalu

sari widiarti mengatakan...

pernah merenung setelah seharian banyak kegiatan, apakah dalam bertemu dengan orang, kata - kataku ada yang salah atau menyakitkan. :(

Reffi Dhinar mengatakan...

alhamdulillah, semoga kita menjadi manusia yg terus belajar dan memperbaiki diri :)

Reffi Dhinar mengatakan...

saya juga mbak sari...hmm, semoga kita bisa terus merenung dan bertindak maju :)

Destia Prawidya mengatakan...

Harus bisa selalu instropeksi diri terhadap apa yang sudah dilakukan ya? Jadi kesalahan yang dulu tidak terulang lagi :)