.comment-content a {display: none;}

Wednesday, 5 February 2014

Jangan Menjadi Manusia Pra-Sejarah!

Diposkan oleh Reffi Seftianti di 18:06
Response 

Judul : Cara Mudah Menulis Buku dengan Metode 12 Pas
Penulis : Dodi Mawardi
Jumlah Halaman : 155 halaman
Tahun Terbit : 2009
Penerbit : Raih Asa Sukses

Siapa yang tidak kenal dengan Dee, Habiburrahman el Shirazy, JK. Rowling, dan penulis-penulis lain yang berkibar melalui karya tulisnya. Dahulu profesi menulis masih dianggap sebagai aktivitas hobi yang tidak bisa dijadikan pegangan hidup. Namun, saat ini makin banyak orang yang memutuskan untuk berkarir di dunia kepenulisan berkat nama-nama besar penulis yang baru saja saya sebutkan. Menulis dapat dijadikan sebagai profesi dan mengahsilkan penghasilan yang fantastis, akan tetapi sebagai pemula, tentu kita akan menemui kesulitan. Dibutuhkan ketekunan dan trik yang baik agar tulisan yang kita buat mendapat apresaisi positif.

Dodi Mawardi membuktikan bahwa hambatan-hambatan yang sering dikeluhkan penulis pemula, sebenarnya dapat diatasi asalkan kita memiliki komitmen dan tekad super kuat. Buku ini tidak langsung menjelaskan tips dan trik menulis, bab-bab awal dipenuhi dengan keuntungan menulis, apa saja jenis kesulitan menulis dan bagaimana cara mengatasinya. Dodi juga memperkenalkan metode 12 Pas untuk menghasilkan buku sebanyak 100 sampai 120 halaman.

Mungkin banyak yang belum mengetahui apa sih yang membuat seorang mahasiswa tingkat akhir kesulitan mengerjakan skripsi? Ternyata mahasiswa Indonesia sering mengeluhkan kesulitan skripsi hingga menggunakan cara curang dengan menggunakan jasa joki skripsi itu disebabkan satu hal, mereka tidak gemar dan tidak terbiasa menulis. Bagi seorang karyawan atau profesional di bidangnya, menulis juga dapat digunakan sebagai personal branding. Buku ini memberikan beberapa contoh pengusaha sukses yang semakin sukses bisnisnya setelah menghasilkan sebuah buku.

Hambatan-hambatan menulis seperti kurangnya waktu, tidak mudah mendapatkan ide hingga bingung mau membuat jenis tulisan apa dibabat habis dalam buku ini. Sebagai permulaan kita tulis saja apa yang kita ketahui dan alami. Safir Senduk seorang perencana keuangan, ternyata pada awalnya sama sekali tidak memiliki sertifikat perencana keuangan. Karena Safir Senduk  membuat buku yang akhirnya meledak di pasaran, Safir Senduk pun diundang ke berbagai seminar dan ia dikenal sebagai pakar perencana keuangan.

Menulis adalah pekerjaan rohani. Selain menghasilkan materi, dengan menuliskan segala hal yang kita ketahui dan dapat memperkaya wawasan orang lain atau dapat menghibur (misal tulisan fiksi), maka kita telah menabung amal. Setiap orang pasti akan merasa lebih ‘kaya’ jika dirinya dianggap berarti oleh orang lain.

Ide sebenarnya berkeliaran di sekitar kita. Buku ini menyebutkan jika ide bisa diperoleh dari keluarga, menonton film, jalan-jalan dan kegiatan lainnya. Ide yang diperoleh tiba-tiba harus segera dibuat coretan kasarnya. Kemudian tulislah dengan cara kita berbicara, tidak perlu memasakan diri menggunakan bahasa yang muluk-muluk sampai kita sendiri susah menangkap maksudnya. Jangan takut untuk menulis jelek. Pertama-tama, menulis cepat sampai ide kita habis itulah poin penting yang harus kita terapkan. Jangan menulis sambil mengedit. Otak akan menginterupsi ide yang akan keluar, sehingga tulisan kita tidak selesai-selesai, mengedit tulisan dilakukan  jika tulisan sudah diselesaikan seluruhnya.

Dengan metode 12 Pas ala Dodi Mawardi, penulis pemula dapat menyelesaikan karyanya step by step. Mulai dari mengumpulkan ide, mencari buku pendamping atau referensi, cara menyelesaikan tiap bab, serta beberapa teknik lainnya yang diaplikasikan untuk membuat buku dalam 12 minggu. Buku ini tidak hanya memberikan strategi menulis, pembaca juga dapat terbakar semangatnya setelah membaca. Jika anda merasa sebagai manusia modern, maka menulislah agar kita memiliki kontribusi bagi masyarakat, jejak kita juga akan selalu ada. Jangan menjadi manusia pra-sejarah yang tak diketahui jejak kehidupannya karena tak memiliki karya tulis. Menulislah maka kita ada.

0 komentar:

Post a Comment

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^


 

Kata Reffi Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos

badge