Thursday, 6 March 2014

Nge-blog untuk Happy atau Money?

Menulis di blog adalah salah satu bentuk latihan menulis yang baik. Beragam tulisan yang kita posting di blog,  dapat dibaca orang lain sehingga bisa saja pembaca merasa terinspirasi oleh tulisan kita atau minimal merasa terhibur saat membacanya. Selain itu dengan rutin menulis di blog, kita juga dapat memperoleh penghasilan tambahan. Tak sedikit blogger-blogger sukses yang meraup penghasilan fantastis melebihi karyawan kantor dan pegawai biasa.

Menulis blog untuk menyalurkan ide dan keluh kesah atau bertujuan meraup untung, keduanya sama baiknya. Tentunya jika anda ingin menjadikan blog sebagai lahan penghasilan, anda harus tekun dalam menulis dan terus mengisi blog secara rutin sesuai dengan tema tulisan yang anda inginkan.

Jangan merasa risih dengan anggapan orang lain yang mengatakan jika nge-blog adalah kegiatan yang membuang-buang waktu. Justru dengan menulis di blog, kondisi psikologis akan lebih baik karena menulis dapat melepaskan kegelisahan ditambah lagi pengetahuan-pengetahuan menarik yang bisa diperoleh dari blogwalking (berkunjung ke blog orang lain).

sumber : google


Jika sudah memiliki blog, anda tidak boleh malu untuk mempromosikan tulisan anda. Dengan adanya pembaca yang mengapresiasi tulisan atau memberi kritik pada tulisan kita, tentunya kita aka mendapat pelajaran yang bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan menulis. Jadikan kegiatan nge-blog menjadi kegiatan yang membuat happy. Inilah beberapa cara agar kegiatan blog menjadi menyenangkan,
  1. Tulislah beragam tulisan yang sesuai minat kita. Akan lebih baik jika anda tak hanya menulis curhatan pribadi. Tulislah puisi, cerpen, artikel dan tips dengan gaya bahasa yang anda sukai. Karena blog adalah media sosial yang bisa diakses siapapun, maka jangan membuat tulisan yang berbau pornografi. Jadikan tulisan anda menghibur atau bermanfaat dengan cara yang tidak vulgar.
  2. Share tulisan anda di akun jejaring sosial khusus sharing blog seperti grup Warung Blogger di facebook dan twitter, lintas me, viva log news, dan lain-lain.
  3. Rajinlah berkunjung ke blog orang lain dan perhatikan gaya masing-masing. Jangan malu dengan tulisan anda, Raditya Dika saja bisa sukses karena tulisan kocaknya di blog dibukukan. 
  4. Sesekali ikutlah giveaway (kuis) yang diselenggarakan di blog orang lain. Saya mendapatkan buku dan T-shirt unik setelah tulisan saya memenangkan giveaway di sebuah blog. Jangan putus asa jika belum menang, karena kita tetap bisa melatih menulis dengan mengikuti giveaway.
Untuk menjadikan kegiatan nge-blog sebagai penambah pundi-pundi kantung kita, anda bisa melakukan beberapa tips berikut,
  • Mengikuti lomba review produk atau artikel yang memberi hadiah cukup besar seperti gadget hingga kendaraan  bermotor.
  • Fokus membuat tulisan dengan tema tertentu lalu mendaftarkan blog melalui Google Adsense. Misalnya, membuat blog khusus review alat-alat elektronik, gadget atau tips kesehatan. Awalnya, anda tidak akan menghasilkan apa-apa, namun seiring berkembangnya popularitas blog, maka akan banyak pemasang iklan atau instansi yang ingin dibuatkan reviewnya oleh kita. Saya sendiri baru saja mendapat job menulis review sebuah komunitas online karena rajin posting di blog, dan itu saya dapatkan dari seorang blogger yang cukup sukses.
Menulis adalah jalan amal yang tak habis-habis. Lewat menulis kita bisa menunjukkan eksistensi secara positif. Kumpulan tulisan di blog juga bisa menjadi ide untuk dijadikan buku. Ayo mulai rajin menulis di blog, kawan! :D

1 comment:

  1. Menulis itu harus didasari oleh kesenangan, bukan paksaan, apapun itu latar belakang yang mendorong kita menulis. Lambat laun kita akan bertemu dengan gaya penulisan yang pas buat kita.

    ReplyDelete

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^