.comment-content a {display: none;}

Thursday, 27 March 2014

Saat Perempuan Kuat Bicara

Diposkan oleh Reffi Seftianti di 18:57
Response 
Judul Buku : Cewequat Book
Penulis : Bunga Mega
Tahun Terbit : November, 2013
Jumlah Halaman : 220 halaman
Penerbit : PT Kompas Media Nusantara

Perempuan adalah aset cantik yang tanpa sadar telah dijadikan ikon banyak produk. Melalui buku ini, Bunga Mega yang juga dikenal sebagai founder komunitas cewequat, menyuarakan aspirasinya tentang konsep perempuan tangguh. Perempuan identik dengan sisi geminin dan emosionalnya. Namun, sesungguhnya di zaman serba dinamis seperti ini, mempercantik keindahan fisik saja tidaklah cukup.

Mula-mula, seorang wanita harus memiliki healthy self image atau pandangan diri yang baik. Di halaman 10, dijelaskan empat tipe kepribadian cewequat antara lain tipe dominan, intim, stabil dan cermat. Dengan mengenali bagaimana karakter sikap dan perilaku diri sendiri, maka kita akan lebih mudah untuk memandang jiwa kita. Kelebihan dapat dimaksimalkan sedangkan kekurangan juga bisa dipoles lebih baik. 

Membangun kepribadian yang kuat, tidak cukup dengan selalu menutupi masa lalu dan memendamnya dengan berpura-pura tegar. Citra diri  positif harus dibangun dari kejujuran dan hati yang tulus. Misalnya, kita memiliki masa lalu yang sangat menyedihkan atau traumatis, mulai lepaskanlah emosi negatif tersebut dengan belajar memaafkan. Bercerita pada orang lain juga dapat mengurangi beban. Masa lalu itu bukan kesalahan kita. Bangunlah dan percaya, jika kita hanya korban. Luka  itu bisa sembuh jika kita mengizinkan.

Mencintai diri sendiri berarti memperhatikan kebutuhan diri dengan cepat. Prinsip mencintai diri ala cewequat dijabarkan mulai halaman 42. Stop membandingkan diri sendiri karena tiap orang memiliki keunikannya sendiri. Sebagai perempuan kita harus memiliki mental juara. Untuk terlahir di dunia, kita telah mengalahkan ratusan sel sperma lainnya yang ingin membuahi sel telur, kita berhasil menjadi juaranya. Karakter juara menguatkan mental walaupun banyak hambatan menghadang. Buatlah visi yang jelas untuk mengarahkan tujuan hidup. Cintai diri dengan berolahraga teratur dan menikmati me time. Memperbaiki kepribadian serta merawat kecantikan fisik perlu dilakukan seimbang.

Serba-serbi hubungan juga disinggung dalam buku ini. Kita harus mengenali dengan baik lingkaran pergaulan kita. Mulai dari hubungan dengan kategori rekan kerja hingga tingkat lingkungan terdekat seperti keluarga dan kekasih. Hubungan yang baik yarus berlandaskan rasa saling menghargai perbedaan karakter, bisa mengimbangi dan mendengarkan pendapat satu sama lain. Jika orang-orang dalam sebuah hubungan, tidak mendukung perkembangan karakter, maka perlu dilakukan evaluasi ulang. 

Dalam hubungan cinta pun, seorang perempuan harus cerdas dalam bertindak. Pria yang tega berselingkuh, tidak menghargai mimpi dan keunikan anda dan tidak bertanggung jawab, jangan dijadikan tambatan hati untuk seterusnya. Hubungan cinta yang dewasa tidak hanya mengandalkan romantisme sesaat. Perasaan itu tidak stabil, yang utama dalam hubungan adalah kuatnya komitmen dan sikap saling mendukung pribadi masing-masing. 

Putus cinta bukanlah kiamat kehidupan, itulah yang dirangkum dalam buku unik ini. Perempuan yang sedang mengalami fase patah hati, biasanya akan tenggelam dalam kegalauan. Seorang cewequat harus fokus dengan hal yang lebih penting seperti mengejar mimpi dan passionnya. Berkumpul bersama teman dan membuat daftar hal-hal yang ingin dilakukan bisa mengalihkan kesedihan. Buang masa lalu, maafkanlah dan rubahlah diri agar menjadi perempuan kuat, cerdas dan mandiri. Mengejar karir pun harus dilakukan dengan attitude yang baik. Bagaimanapun, seorang perempuan harus berani untuk menghadapi tantangan kehidupan. Membaca buku ini setidaknya membuka pandangan kita tentang keterbatasan perempuan yang bisa ditanggulangi. Seorang perempuan biasa sudah waktunya bermetamorfosa menjadi cewequat sejati.

0 komentar:

Post a Comment

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^


 

Kata Reffi Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos

badge