Sunday, 29 June 2014

Percaya Diri Membangun Bisnis Start Up

Apa itu bisnis start up? Bisnis start up adalah sebuah bisnis yang masih baru dirintis dengan pendapatan belum terlalu besar dan pada umumnya memiliki karyawan belasan orang. Sebagai contoh, Usaha Kecil Menengah (UKM) dan home industry. Sebenarnya istilah start up ditujukan untuk menyebut bisnis yang baru berkembang di bidang IT, namun seiring dengan kemajuan zaman istilah tersebut dipakai untuk semua kategori bisnis yang masih baru dirintis.
Para perintis bisnis start up harus memiliki etos kerja yang tangguh, memiliki visi yang jelas dan pandai membaca pasar. Dengan kemajuan teknologi saat ini, bisnis start up juga dapat dikembangkan lebih luas lagi. Memasarkan produk bisa digunakan lewat internet, menampung keluhan atau saran dari calon konsumen dan konsumen tetap serta menyerap ilmu bisnis dari beragam artikel dan video yang bisa diunduh bebas via internet. Jadi, pebisnis start up juga tidak boleh buta perkembangan teknologi, terutama internet.
Andreas Christiadi, pengelola TalkMen.com adalah salah satu orang yang berani menerapkan cara baru dalam bisnis digital yang dibawahinya. Bagi Andreas, seorang pebinis start up harus melek informasi dan bersikap terbuka dengan perubahan-perubahan di sekitarnya. Di tiap fase perubahan, seorang pebisnis start up harus mengevaluasi kekurangan dan kelebihan dalam usahanya. Seperti yang dilakukan Andreas pada situs TalkMen.com. Awalnya, TalkMen.com adalah portal informasi umum, setelah Andreas mengelolanya TalkMen berubah menjadi situs gaya hidup pria Indonesia. Dengan terobosan tersebut, TalkMen berkembang menjadi sumber inspirasi para pria dan menarik animo yang lebih baik dari pengunjung situsnya.
Hal utama yang harus dimiliki seorang pebisnis start up adalah,
1. Rasa percaya diri dengan bisnisnya.
2. Rutin mengupgrade bisnisnya.
3. Memiliki rencana keuangan yang matang, karena bisnis yang baru dimulai pasti belum memiliki pemasukan yang besar. Jangan sampai besar pasak daripada tiang.
4. Tak henti-hentinya belajar baik dari seminar, buku atau pada para pebisnis senior yang bisa dijadikan sebagai mentor.
5. Mental yang baik, tahan banting dalam tiap kondisi dan tidak boleh pantang menyerah.
Berbisnis berarti menjadi bos bagi diri sendiri seklaigus menjadi pemimpin bagi orang-orang yang anda pekerjakan. Jangan mudah pesimis. Hambatan dan kegagalan akan membentuk pola pikir berbisnis anda semakin matang. Mulailah kembangkan bisnis impian anda mulai sekarang.

1 comment:

  1. tak tambahi..
    5. Keyakinan yang besar kepada Tuhan Yang Maha Esa.
    6. Kesadaran bahwa bisnis bukan hanya tentang 'Aku' tapi juga 'Mereka'..ga boleh egois,, :D

    ReplyDelete

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^