Monday, 7 July 2014

Motor Penggerak Bisnis

Anda pasti kenal dengan Kebab Turki Baba Rafi dan Ayam Bakar Mas Mono, atau yang hobi nongkrong sudah kenal dengan Sour Sally. Ya, ketiga tempat kuliner tersebut adalah beberapa contoh sukses bisnis waralaba lokal. Kebab Turki Baba Rafi misalnya, telah memiliki branding yang kuat di tengah masyarakat dan menjadi pionir cemerlang bisnis kebab di Indonesia. Tahukah anda siapa sosok motor penggerak kesuksesan ketiga bisnis kuliner franchise di atas? Dia adalah Wempy Diocta Koto.

Siapa yang menyangka jika Wempy pada mulanya tidak memiliki minat di dunia bisnis. Di masa belianya, Wempy memiliki minat yang besar untuk menjadi diplomat hingga menemukan ketertarikan di dunia hukum. Berdasarkan petikan wawancara yang dimuat di situs jobtalk4all.com, Wempy memilih jurusan komunikasi sesuai dnegan saran ibunya. Pilihan tersebut membawa pria berwawasan luas ini mengalami perjalanan luar biasa di dunia bisnis hingga mengantarkannya menjadi CEO Wardour and Oxford saat ini.

Melalui Wardour and Oxford, Wempy dan timnya bekerja untuk membantu perkembangan   perusahaan start up (perusahaan yang baru merintis usahanya dengan keuntungan yang belum besar) dan juga dengan perusahaan yang sudah memiliki nama besar. Secara sederhana Wardour and Ozford membantu membukakan jalan bagi perusahaan yang menjadi kliennya untuk meningkatkan margin profit atau keuntungannya. Pengalaman Wempy selama bekerja di beberapa besar dengan jenis usaha yang berbeda, membuat pria kelahiran Padangpanjang Sumatra Barat ini, menjadi kaya ide dan inovasi yang menuntut kreativitas tinggi. Lewat perusahaan yang dipimpinnya saat ini, Wempy berusaha menularkan ilmu pada pebisnis yang menjadi kliennya.

Wardour and Oxford memiliki jaringan luas di berbagai negara. Karyawannya juga sebagian besar bekerja secara online, sebuah sistem kerja yang tidak terlalu formal dan menyenangkan. Tetapi perusahaan ini tetap memiliki peraturan yang menuntut kedisiplinan tinggi para kayawannya karena pekerjaan utama Wardour and Oxford adalah memoles perusahaan klien mereka menjadi perusahaan yang memiliki nilai jual serta berkompetensi tinggi. 

Salah satu brand lokal yang kini mulai merambah di pasaran dunia adalah Sour Sally. Sekilas mungkin kita mengira jika Sour Sally adalah milik perusahaan asing seperti Mc Donald dan lainnya. Berkat kerjasama Wardour and Oxford dengan Sour Sally, maka brand lokal kita mulai diperhitungkan di kancah internasional melalui inovasi produk dan kualitas pelayanannya.

Wempy Diocta Koto membuktikan kepiawaiannya dalam menangani banyak perusahaan yang membutuhkan tangan dinginnya. Dia adalah sosok muda yang pantas dibanggakan Indonesia. Jejak langkahnya sebagai motor penggerak bisnis di Indonesia dan dunia akan membuat negara kita diperhitungkan di dunia usaha. Wempy adalah contoh konkret apabila kita mencintai dan menekuni passion, maka tak ada yang mustahil bagi kita untuk mencapai mimpi-mimpi besar.

1 comment:

  1. Benar sekali, beliau memiliki pengalaman yang luas sekali dalam bidang bisnis. Saya sendiri cukup beruntung bisa bertemu dan belajar langsung darinya beberapa hari yang lalu.

    ReplyDelete

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^