.comment-content a {display: none;}

Sunday, 20 July 2014

Perjuangan Memperoleh Keadilan

Diposkan oleh Reffi Seftianti di 09:07
Response 

Judul Buku : Starters
Penulis : Lissa Price
Penerjemah : Bonni Rambatan
Jumlah Halaman : 459 halaman
Tahun Terbit : Cetakan Pertama, November 2012
Penerbit : Plotpoint

Bagaimanakah jika dunia masa depan hanya diisi oleh dua jenis kelompok besar manusia? Dalam novel berjudul Starters ini, Lissa Price menggambarkan imajinasinya dengan memukau tentang dua kelompok besar manusia yang diwakili Starters, para anak-anak dan remaja dan juga Enders, orang-orang yang berusia ratusan tahun. Di masa depan setelah Perang Spora, manusia yang berusia paruh baya, meninggal dunia akibat virus. Sementara para Starters dan Enders bisa hidup karena suntikan vaksin yang mereka dapatkan.

Callie, seorang gadis remaja yatim piatu, terpaksa tinggal berpindah-pindah dengan mengasuh adiknya, Tyler yang memiliki tubuh lemah dan sakit-sakitan. Pada masa itu, anak-anak yang sudah tidak memiliki keluarga atau orang dewasa yang menjaminnya, pasti akan dikejar oleh aparat pemerintah untuk ditangkap. Callie bertemu dengan Michael, remaja sebayanya dan memutuskan tinggal di sebuah gedung tak berpenghuni dengan ancaman ditangkap aparat atau mendapat gangguan dari anak-anak lain. Callie hidup dalam dunia yang keras dan terpaksa meninggalkan kenyamanan masa kecilnya demi bisa bertahan hidup.

Karena ingin menyelamatkan nyawa adiknya, Callie nekat menyewakan tubuhnya di sebuah organisasi bernama Prime Destinations. Di Prime Destinations, para Starters menyewakan tubuh pada para Ender. Pada kepala Starters yang bersedia menyewakan tubuhnya akan dipasang sebuah neurochip agar mudah dilacak. Jiwa Starters akan tertidur sejenak sampai batas waktu peminjaman. Ender kaya raya yang ingin merasakan kehidupan masa muda, berlomba-lomba mencoba jasa penyewaan tubuh dari Prime Destinations.

  Masalah mulai terjadi ketika Callie terbangun dengan suara lain di otaknya. Callie merasa aneh karena jiwanya terbangun sebelum masa berlaku perjainjian sewa habis. Helena Winterhill, nama Ender yang menyewa tubuhnya membisikkan hal-hal mengerikan di benak Callie. Ia mengejar Senator Bohn dan ingin membunuhnya. Helena menggunakan tubuh Callie untuk menyingkap benang kusut misteri hilangnya cucu perempuannya. Di lain pihak, Callie mencemaskan keselamatan Tyler dan Michael. Ia meminta bantuan Blake, seorang remaja yang mendekatinya untuk membantu Michael dan Tyler di gedung tak berpenghuni tempat mereka tinggal.

Lewat penyamaran sebagai Ender yang menyewa tubuh Starter, Callie dan Helena yang bersuara di kepalanya, mengungkap rencana jahat Prime Destinations. Prime Destinations berencana menggunakan tubuh remaja terbaik, dengan kondisi fisik catik atau tampan dan memiliki keahlian, untuk disewakan dalam jangka waktu yang tak terbatas pada Ender penyewa. Bisa dikatakan, konspirasi tersebut sama dengan membunuh jiwa Starters secara perlahan, karena jiwa mereka takkan kembali ke tubuhnya lagi.

Callie harus berhadapan dnegan kenyataan jika Prime Destinations telah menipu para Starters. Orang-orang terdekatnya terancam nyawanya dan bahkan ada yang harus tewas demi melindungi Callie. Di tengah kejaran para Ender yang menyamar di tubuh Starter dan perjuangan menyelamatkan adiknya, Callie dengan berani masuk ke dalam Prime Destinations dan mengajak beberapa Ender penyewa yang tidak ingin masa depan para Starters terancam.

Novel ini sangat seru dan memiliki teka-teki yang tak mudah ditebak. Pembaca akan diajak menebak apakah Starter ini benar-benar seorang anak muda ataukah Ender penyewa yang berniat jahat. Novel ini menunjukkan pada kita jika kekuasaan dan uang bisa membeli nyawa sesoerang. Namun jiwa pemberani dan cerdiklah yang bisa melawan tirani dan melindungi kebenaran. Lissa Price sukses membangkitkan imajinasi kita mengenai dunia masa depan yang mungkin akan hancur akibat ulah manusia sendiri.  Starters layak dinikmati para pecinta kisah adventure dengan balutan drama.

0 komentar:

Post a Comment

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^


 

Kata Reffi Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos

badge