Thursday, 24 July 2014

Strategi Pengembangan Bisnis Ala Sudianto Oei

Menjadi entrepeneur atau pebisnis memang sudah semakin marak di Indonesia. Dengan sempitnya lapangan pekerjaan dan sumber daya manusia yang melimpah, mendorong munculnya pebisnis-pebisnis muda. Berwirausaha atau menjadi entrepeneur akan memberi banyak manfaat, selain menjadi bos bagi usaha sendiri, kita juga dapat memberi kesempatan kerja bagi orang yang membutuhkan.

Berbisnis tidak hanya masalah besarnya modal dan bagaimana cara meningkatkan keuntungan. Jika kita telah memutuskan untuk terjun di dunia bisnis, maka perlu dipelajari strategi-strategi khusus agar bisnis kita tak hanya mengalami kenaikan profit tapi juga tetap eksis dalam jangka waktu yang lama. Sudianto Oei, entrepeneur muda pendiri Internet Service Provider (ISP) Hypernet, membagikan beberapa tips untuk pebisnis pemula yang ingin memajukan usahanya,

1. Seorang entrepreneur harus mengetahui dengan jelas dan pasti minat pasar. Misalnya jika anda ingin membuka clothing line, maka anda perlu melakukan survei di sekitar tempat anda akan berjualan atau melakukan survei mode yang sedang tren saat ini. Tentukan juga sasaran konsumen yang ingin anda bidik. Seperti yang dilakukan oleh Sudianto Oei, dimana ia memilih membuka bisnis ISP untuk pertama kali di Bogor. Ia beralasan jika pada saat pertama kali didirikan, belum banyak bisnis ISP yang muncul di Bogor. Ia memilih lokasi yang juga tak terlalu jauh dari Jakarta, untuk mempermudah pengembangan jaringan, pemasangan kabel dan lain-lain.

2. Bersikap fleksibel dan dinamis. Anda memang harus memiliki prinsip yang kuat sebagai pondasi bisnis namun jangan sampai prinsip tersebut membuat pemikiran anda kaku terhadap perkembangan dunia bisnis dan tren pasar. Sudianto Oei memindahkan pusat bisnisnya ke daerah Cibinong dan lebih menguatkan hubungan baik dengan masyarakat sekitar setelah sebelumnya ia mengalami kendala teknis di bidang perizinan usaha. Selain itu, ia terus mencari kesempatan yang baik untuk dijadikan lahan berbisnis. Berikutnya, ia menawarkan konsep jaringan wireless untuk mahasiswa yang tinggal di tempat kos sekitar kampusnya, Bina Nusantara. Inovasi tersebut meningkatkan jumlah pengguna Hypernet.

3. Jangan meremehkan kekuatan networking. Salah satu strategi yang diterapkan Sudianto Oei dalam Hypernet adalah memperbaiki pelayanan secara terus-menerus dengan pelanggan lama dan menambah jaringan pelanggan dari yang bersifat personal menjadi korporasi. Hypernet juga sering bekerjasama dengan instansi tertentu dalam event khusus yang memiliki dampak positif bagi pengenalan Hypernet pada masyarakat luas.

Strategi yang terarah, disiplin dan berusaha meningkatkan pelayanan secara berkesinambungan akan menjadikan bisnis anda semakin maju. Tak jarang ada beberapa hambatan hingga kegagalan yang bisa mengganggu stabilitas bisnis, tetapi seorang entrepeneur sejati tidak boleh lemah dalam menghadapinya. Be a smart and great entrepeneur!

No comments:

Post a Comment

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^