Thursday, 15 January 2015

Menjual Diri dengan Personal Branding

Siapa bilang menjual diri itu dilarang? Di zaman serba kompetitif seperti saat ini, sudah sepantasnya seorang individu mengenali potensi dan skill yang ia miliki agar mampu dieksplorasi dan sebisa mungkin bisa dijadikan magnet branding diri. Tentunya bukan menjual diri dalam makna negativ, tetapi bagaimana kita memaksimalkan kemampuan yang bisa menjadi ciri istimewa kita. Dengan personal branding yang kuat, tak hanya diri kita dikenal publik dengan image yang baik tetapi juga bisa mendorong bisnis menjadi lebih maju.

Menurut Julie Nava, Direktur Indscript Personal Branding Agency,  dengan branding individu yang kuat, maka akan terbentuk sumber daya manusia yang semakin hebat. Indonesia memiliki permasalahan yang tersendiri di bidang sumber daya manusia antara lain dari kualitas serta karakter. Sistem pendidikan Indonesia yang lebih menekankan pada kemampuan teoretis, membuat pekembangan kreativitas dan soft skill generasi muda tidak terlalu terasah. 

Dari sistem pendidikan tersebut, seorang siswa dinilai kemampuannya dari baiknya angka di raport bukannya kemampuan sesungguhnya. Anak-anak yang pandai di bidang seni dan olahraga, seringkali tidak dianggap cerdas ketimbang anak-anak yang memiliki nilai akademis tinggi. Paradigma tersebut seharusnya diubah karena di kehidupan nyata, nilai akademik hanya menyumbang sekian persen dari keberhasilan seseorang. Usaha keras dan soft skill yang menyumbang paling besar dari sebuah kesuksesan.

Julie Nava melihat personal branding sebagai poin utama yang harus diasah oleh seseorang. Ia berani menggarap bisnis personal branding agar makin banyak masyarakat Indonesia yang berhasil dalam segala usaha yang digelutinya. Manfaat yang diperoleh jika seseorang mempunyai personal branding yang kuat adalah meningkatnya kepuasan kerja, naiknya kisaran pendapatan per bulan, semakin menurunnya konflik dan banyak keuntungan lainnya. Meski melakukan transfer ilmu personal branding secara jarak jauh, klien-klien Julie Nava telah mendapatkan hasil nyata dalam peningkatan kualitas hidup serta bisnisnya. Perubahan tersebut seperti meningkatnya omzet bisnis dan lain-lain.

Melihat keuntungan-keuntungan tersebut, kini seharusnya kita mulai berpikir untuk semakin mengenali diri sendiri dan juga tidak malu untuk mengoptimalkan bakat dan potensi yang tersembunyi. Jika memiliki kesulitan untuk mengenal diri, kita bisa juga meminta bantuan dari konsultan personal branding seperti Julie Nava. Know yourself, then reach your success!


sumber: twitter

No comments:

Post a Comment

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^