Saturday, 25 April 2015

How to Choose A Best School


Bagaimana cara memilih sekolah yang tepat untuk anak? Di tengah kerancuan kurikulum yang terus berganti-ganti di negeri ini, membuat para orang tua menjadi resah dengan pendidikan yang dilalui putra-putrinya. Tuntutan nilai akademik yang tinggi dan juga sistem pendidikan yang lebih banyak berbasis teori adalah sistem yang dilakukan di Indonesia sejak bertahun-tahun lalu. Namun, di tengah modernisasi yang lebih banyak menuntut kemampuan soft skill dan team work yang mumpuni, membuat kita menjadi harus lebih berpikir lagi bagaimana cara memberikan pendidikan yang terbaik untuk si buah hati agar di masa depan bisa menjadi sosok yang unggul di tengah ketatnya persaingan.

Stefie Siera Ngangi, pendiri  pendidikan prasekolah Kiwikids Preschool & Kindergarten dan juga Kiwi School (Primary – High School), berpendapat bahwa sebaiknya anak-anak tidak hanya dijejali pendidikan yang melulu bertumpu pada pengasahan logika. Pengembangan bakat seperti seni musik dan tari juga perlu diasah agar perkembangan kognitif serta motorik anak bisa terasah. Selain itu, pendidikan seni juga bisa menyeimbangkan perkembangan otak kiri dan kanan anak.

Sekolah yang didirikan oleh Stefie, mengadaptasi kurikulum internasional serta fokus pada pendidikan soft skill. Menurut perempuan cerdas tersebut, orang itu perlu berdiskusi dengan anaknya untuk pemilihan pendidikan yang akan ditempuh serta perlu mengamati dengan teliti bakat minat putra putrinya. Anak harus diajari disiplin dan konsisten dengan pendidikan yang ia pilih. Jika kemampuan di luar akademik juga terasah dengan baik, dipercaya anak akan memiliki rasa percaya diri dan aspek kecerdasan yang bermacam-macam.

Untuk itulah orang tua jangan hanya menilai bagus tidaknya sebuah sekolah dari nilai rapor murid-muridnya. Sistem pendidikan yang ditawarkan, fasilitas dan kurikulum yang kreatif juga penting untuk dicermati. Jika formula pendidikan bisa ditemukan secara pas, niscaya generasi muda itu nantinya akan mampu bersaing di masa yang akan datang. Choose the best education and school for your children!

No comments:

Post a Comment

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^