Tuesday, 11 August 2015

Agar Makin Mudah Menulis

Penulis, adalah profesi yang menjadi idaman banyak orang akhir-akhir ini. Siapapun bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari menulis. Tak harus berlatarbelakang sastra, seseorang bisa menjadi penulis sesuai bidang keilmuannya.

Bagaimana agar kita bisa menjadi penulis yang baik meski tidak belajar sastra?

Pertama, banyaklah membaca. Mau jadi penulis hebat tapi malas baca, bagai beli mobil mewah tapi malas beli bensin, :p. Mau menulis fiksi atau non-fiksi, kita wajib memperkaya wawasan. Kita bisa belajar teknik dan gaya penceritaan yang ciamik dari buku fiksi, atau menambah data dan referensi yang valid jika ingin menulis non-fiksi.

Kedua, ya menulis dimanapun dan kapanpun kita tergerak untuk membuat tulisan. Siapkan notes, alat tulis atau gadget untuk mencatat ide yang bisa muncul kapan saja. Penulis sehebat J.K Rowling saja bisa menuliskan idenya di tisu toilet ketika terdesak. Maksimalkan gadget untuk menuliskan ide liar di kepala dan yang dirasakan kelima indera.

Ketiga, jangan merendahkan kemampuan diri. Siapapun yang kini menjadi penulis hebat, dulunya juga amatir.  Agar mudah menulis, kita harus pede lalu mulai mempublikasikan karya. Nah, siapkan mental juga jika karya kita dikritik, diberi masukan hingga dipuji sekalipun.

Jadi, menjadi penulis hebat itu tidaklah sulit. Asal ada kemauan dan usaha yang kuat, pasti akan membuahkan hasil manis.  Be a writer then taste the fun!! 

No comments:

Post a Comment

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^