Tuesday, 1 September 2015

Beautiful Escape to Gili Labak

Berangkat dari Surabaya sekitar jam  00.00 WIB dengan rombongan travel. Saya sudah sangat excited dengan trip kali ini, karena baru.
pertama kali ke Madura

Jam 4 pagi menyeberang dari Sumenep ke Talango, dengan kapal penyeberangan kecil. Saya melalui jalan terjal menuju rumah singgah.
Suasana desa di pinggiran pantai, membuat saya rileks. Oya, untuk trip kali ini, saya dan teman-teman segrup, memilih untuk menggunakan jasa travel selain karena asing dengan pulau dan bahasa madura, kami ingin menjalankan liburan tanpa banyak ribet, hahaha. Kami memilih paket perjalanan 2 hari satu malam.

Sebelum menyeberang lagi ke pulau Gili Labak, saya dan kawan lainnya beristirahat sejenak untuk membersihkan diri serta sarapan pagi. Dan sekitar pukul tujuh pagi, perjalanan dilanjutkan lagi dengan perahu motor nelayan untuk kapasitas sekitar 20 penumpang.

Hempasan gelombang pasang selama dua jam, lumayan membuat pusing dan alhasil beberapa penumpang perahu jadi mabuk laut. Untungnya, saya kuat ombak.

Lelahnya di perjalanan terbayar setelah mencapai bibir pantai the hidden paradise, pulau Gili Labak. Laut yang biru, pasir pantai yang super putih dan sangat lembut (mirip tepung), membuat saya dan pengunjung lainnya tak sabar ingin bermain air laut.

Gili Labak adalah pulau kecil yang dihuni sekitar 12 kepala keluarga. Kita bisa mengelilinginya kurang lebih setengah jam jalan kaki. Pengunjung bisa menginap di rumah penduduk atau membangun tenda. Listrik akan masuk sore hari. Namun, meski minim listrik, suasana malam hari di sini sangat menakjubkan. Langit yang jernih, dan bintang yang seperti kismis bercahaya,  bebas terlihat. Suasana pagi pun amat wow. Sambil menunggu sunrise, kita bisa menikmati debur ombak dan magisnya suasana fajar yang berpadu perahu nelayan yang sedang ditambatkan. Untuk spot snorkeling pun sangat oke. Karang-karang kecil dan ikan-ikan cantik bisa dinikmati.

Kalau baru pertama kali ke Gili Labak, saran saya ajak teman yang bisa berbahasa madura atau sewa guide lokal. Akan lebih baik jika menggunakan jasa travel agent yang sudah menguasai medan, serta akomodasi hingga transportasi juga terjamin.

Yang wajib dibawa jika mau datang ke pulau ini adalah,
-Tas anti air
-Pakaian dalam dan ganti cukup
-Tas plastik jumlah cukup (karena air laut akan mudah masuk ke perahu)
-Obat-obatan
-Sunblock, kacamata gelap, topi lebar
-Bekal secukupnya
-Camera underwater

Ingin menikmati potongan surga ala luar negeri? Datang saja ke Gili Labak. Pantainya yang cantik dan bersih, tak kalah dengan Gili Trawangan lho. Jangan lupa, tetap jaga kebersihan lingkungan :-)

1 comment:

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^