Cinta Adalah....

Ada kalanya kita berpikir, buat apa cinta itu diciptakan jika pada akhirnya ada efek-efek tertentu yang justru negatif mengikuti di belakangnya? Yang waras menjadi gila, yang normal menjadi aneh, yang sehat bisa menjadi patah hatinya. Buat apa?

Terkadang saya atau mungkin kamu yang sedang tersesat di tulisan ini, berpikir tentang makna cinta sebenarnya. Tuhan menciptakan akal dan pikiran termasuk elemen cinta kasih di dalamnya untuk manusia, ciptaannya yang paling sempurna. Ketika kita benar-benar mencintai seseorang dengan tulus, tentu kita akan memberikan keseluruhan hati kita bahkan jika bisa, hidup kita pun diberikan. Melihat kecenderungan manusia yang bisa menjadi tidak waras dalam cinta, itulah Tuhan memberikan peringatan,"Jangan mencintai manusia atau benda melebihi kecintaan kita pada Tuhan Yang Maha Esa,"

Siapapun tahu hal itu, bukan? Namun prakteknya sungguh sulit sekali.



Cinta ibarat pedang bermata dua. Jika bukan diri kita yang menyakiti, maka orang yang kita cintai berpotensi melukai paling besar. Kadang-kadang ada juga yang sampai trauma jatuh cinta gara-gara terlukai. Atau jika dalam kasus lain, seseorang yang tidak peka hatinya, bisa juga menyakiti perasaan orang lain yang tulus mengasihi.

Jadi untuk apa cinta itu ada? Mungkin bagi saya, cinta itu salah satu cara Tuhan untuk mengasihi hambaNYA sekaligus menguji. Cinta yang baik akan semakin mendewasakan, cinta yang buruk akan semakin menambah lubang di hati dan juga jiwa. Kita perlu belajar menggunakan hati dan juga logika ketika Cinta berkunjung tiba-tiba.



1 komentar

AI by Artifisial mengatakan...

Bagiku, cinta sama seperti agama: menghasilkan perdebatan yang tidak ada ujungnya jika dibahas.