.comment-content a {display: none;}

Tuesday, 17 November 2015

Asyik Belajar Ngeblog di Fun Blogging 7

Diposkan oleh Reffi Seftianti di 17:18
Response 




Ada yang berbeda di kantor Qwords pada pagi hari yang sedikit mendung 7 November 2015 lalu. Kantor perusahaan yang bergerak di bidang penyedia jasa domain, hosting dan data center tersebut, sedang kedatangan banyak tamu istimewa. Bisa disebut isimewa karena para tamu yang hadir adalah blogger yag berasal dari wilayah Surabaya, Sidoarjo hingga pelosok Jawa Timur. Pada saat itu sedang diselenggarakan workshop untuk para blogger yang diberi tajuk Fun Blogging 7.

Fun Blogging 7 merupakan workshop blog yang menjadi satu ranagkaian dari Fun Blogging 1. Sudah beberapa kota yang didatangi dan kehadiran trio mentor blogger profesional Haya Aliya Zaki, Shinta Ries serta Ani Berta telah ditunggu-tunggu untuk diserap ilmunya. Materi yang disampaikan dibagi menjadi tiga topik. Haya Aliya Zaki memberikan materi tentang bagaimana mengisi konten yang baik dalam blog, Shinta Ries membagikan ilmunya tentang bagaimana memaksimalkan platform blog, sementara Ani Berta bertugas untuk memberikan tips dan trik untuk menjadikan blog sebagai lahan mencari rezeki (blog monetize).



Acara yang disponsori Qwords, mobil123.com dan Smartfren ini telah dinanti para blogger daerah. Dunia blog yang semakin maju dan juga menawarkan kesempatan yang bagus untuk berbisnis, menarik animo blogger, terutama perempuan, agar bisa tetap mengembangkan diri meski memilih untuk lebih banyak di rumah.

Workshop dibuka oleh Haya Aliya Zaki, blogger profesional yang juga berprofesi sebagai editor buku. Haya menjelaskan betapa pentingnya konten yang bermutu bagi sebuah blog. Konten yang bagus tak hanya dari gaya bahasa yang menarik dan mengalir, tetapi juga dari cara penulisan dan juga keteraturan ejaan. Tiap blogger punya ciri khasnya sendiri dalam menulis. Tak hanya kemampuan menulis, untuk bisa mengembangkan jaringan atau networking, blogger juga harus aktif bersosialisasi dan aktif dalam suatu komunitas blogger. 

“Seorang blogger harus menulis secara jujur.” Itulah salah satu pesan Haya. Jika kita memutuskan untuk terjun di dunia blog, tulislah hal yang menarik minat dan juga sesuai passion kita. Jangan terjebak dengan trend tertentu yang membuat tulisan kita justru tidak bertenaga. Janganlah menjebak pembaca dengan keywords yang teindeks google, tetapi ternyata konten sama sekali tidak bermutu. Haya juga memberikan beberapa tips agar tulisan tetap memiliki daya pikat menarik serta tak lepas dari EYD.

Berikutnya materi yang dipaparkan oleh Shinta Ries juga tak kalah penting. Platform blog yang digunakan soerang blogger, seharusnya bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin. Salah satu founder komunitas Blogger Perempuan tersebut mengajak para blogger untuk tak hanya belajar menulis konten blog yang berkualitas, tetapi juga menjadikan blognya tampil sebagus mungkin. Tools yang ada di program blog, akan membantu naiknya traffic, membuat pembaca lebih nyaman ketika sedang mampir di blog kita dan juga beraneka ragam manfaat lainnya. Seorang blogger harus bersahabat dengan social media, agar semakin banyak orang yang berkunjung di blog miliknya.

”Be good with google.” Jelas Shinta Ries. Kita juga harus belajar tools penting yang ada di dalam google agar blog semakin prima. Manfaatkan google plus, google analytics, webmaster dan juga segudang tools lainnya yang sangat membantu blogger dalam menaikkan performa blog.

 Fun Blogging 7 menambah wawasan saya dalam dunia blog, terutama dari apa yang disampaikan Ani Berta tentang bagaimana menjadikan blog sebagai salah satu lahan rezeki. Strategi dan trik yang diapaparkan, tidak terlalu rumit selama kita mau tekun dan terus meningkatkan kualitas konten dan juga teknik blog kita. Seperti apa yang disampaikan Ani Berta, jika banyak sekali kesempatan yag bisa diraih dari aktif menulis blog seperti membagikan pengetahuan yang bermanfaat buat pembaca blog, manfaat edukasi dan lain-lain. Jenis tulisan yang bisa mendulang rezeki, pilihannya juga tak sedikit. Kita bisa mereview sebuah produk, menyelenggarakan giveaway, ghost writer, dan masih banyak lagi. 

Alhasil, dari workshop blog kali ini saya tak hanya mendapatkan pengetahuan baru tetapi juga kawan-kawan blogger yang pastinya memiliki kualitas serta keunikannya sendiri-sendiri.  Seorang penulis atau blogger, juga perlu memperluas pergaulannya, jangan hanya terlibat di dunia maya. Yuk, rajin menulis lewat blog!




7 komentar:

Heni Prasetyorini on 17 November 2015 at 19:48 said...

ayooo lanjut ngebloog :)

Reffi Seftianti on 17 November 2015 at 19:55 said...

semangat terus juga ya mbak :D

Rahmah on 17 November 2015 at 20:37 said...

Bersyukurlah Mbak bisa hadir secara fisik ^_^

Reffi Seftianti on 17 November 2015 at 22:24 said...

iya mbak Rahmah, semoga bisa ikutan lagi kalau ada event lagi :)

Vanda Arie on 18 November 2015 at 16:26 said...

Salam kenal Reffi, kayaknya kemarin terlewat belum sempat kenalan :) Semoga bisa ketemu lagi di event lain yaa...

Reffi Seftianti on 18 November 2015 at 16:58 said...

salam kenal Vanda, oya kemarin ikut Fun Blogging SUrabaya ya? Moga bisa ketemu lagi ^^

selvy erline on 19 November 2015 at 21:40 said...

hai salam kenal, aku ikutan fun blogging yg pertama di jakarta, semoga bisa konsisten ngeblog dengan adanya acara ini

Post a Comment

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^


 

Kata Reffi Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos

badge