.comment-content a {display: none;}

Friday, 22 January 2016

4 Hal yang Bisa Didapat Hanya Dari Membaca

Diposkan oleh Reffi Seftianti di 08:09
Response 


Biar cantik, maka saya membaca. Kok bisa? Begini maksudnya, membaca buku membuat saya merasakan adanya perubahan dari dalam diri yang membuat saya lebih percaya diri. Adanya wawasan baru, pengetahuan yang jarang diketahui orang lain, membuat saya jadi punya sebuah hal yang menarik untuk dibagi hingga sampai menjadi sebuah tulisan.

Membaca buku pada awalnya adalah sebuah aktivitas yang saya lakukan untuk mencari hiburan dan menuntaskan hasrat ingin tahu yang kata Mama di luar batas kenormalan. Sejak kecil, saya dikenal sebagai bocah yang tingkat curiositynya kadang sampai membuat jengkel orang dewasa. Ditambah, kedua orang tua saya mengajarkan untuk mulai menyukai kegiatan membaca. Banyak sekali pertanyaan-pertanyaan aneh yang sulit dijawab orang dewasa, bisa saya temukan di buku atau majalah anak waktu itu.

Setelah bersahabat akrab dengan buku, saya temukan sebuah keasyikan yang lain. Buku bisa menjadi terapi jiwa, dan ujung-ujungnya membuat wajah  yang semula letih karena terlalu banyak bersedih, berubah menjadi segar dan luka di hatipun mulai sembuh. Saya pernah mengalami beberapa peristiwa mengesalkan sampai menyakitkan dalam hubungan dengan orang lain. Amarah dan juga kesal yang menumpuk akan sedikit berkurang jika sudah larut dalam sebuah buku. Bahkan di saat saya baru saja mengalami patah hati yang berat, buku pengembangan diri dan motivasi menjadi sahabat saya sehari-hari. Dari nasehat yang tercetak di dalam buku, saya meresapinya kemudian mulai mencoba mempraktekkan. Alhamdulillah, kini rasa kesal itu bisa semakin berkurang. Efeknya, penampilan menjadi lebih fresh karena stres mulai lenyap. 


me and my lovely books

Saya membagi dalam beberapa kategori manfaat membaca yang pastinya akan meningkatkan kualitas hidup kita:

1)    Membaca akan membantu kita untuk menjadi seorang analisator yang baik.

Dalam kehidupan, pasti kita sering menemui yang namanya masalah dalam pekerjaan, hubungan, dan juga another troubles that can make our life so desperate. Jalan curhat atau berdiam diri adalah dua hal yang sering dilakukan ketika seseorang sedang mengalami masalah. Selain melakukan dua hal tersebut, saya mencoba untuk menganalisa masalah yang saya hadapi dengan membaca. Misalnya, kalau ada masalah pekerjaan, maka saya mencari buku bagaimana cara menghadapi masalah di kantor, saat patah hati saya mencari buku tentang penyembuhan jiwa, dan sebagainya.
sumber : google

Voila, memang masalah tidak terselesaikan begitu saja, tetapi saya menemukan cara untuk menghadapi tanpa harus melarikan diri. Mengubah mindset yang semula sempit menjadi lebih luas. Dan buat kamu yang hobi membaca novel pun juga ada manfaatnya. Dari karakter fiksi yang kita baca dan juga alur konfliknya, kita bisa mempelajari kondisi psikologi manusia di kehidupan nyata. Toh, para penulis itu menciptakan karakternya dari riset juga.

2)    Berpetualang
Sah-sah saja untuk membayangkan diri menjadi seorang tuan puteri yang berperang dengan naga jahat. Kita boleh saja membayangkan diri sedang berperahu di sungai Venesia bersama orang yang kita kagumi, dan segudang petualangan serta imajinasi lainnya yang mungkin sulit terjadi di kehidupan nyata namun bisa kita alami dengan membaca. Tentu saja bukan berarti kita berubah menjadi pengkhayal yang tidak melakukan apapun. Membaca itu ibarat menjadi rekreasi pkiran. Di tengah penatnya aktivitas, dengan beberapa jam membaca buku maka emosi negatif akan tergantikan asyiknya melahap satu petualangan demi petualangan. Saya bisa berpetualang dengan buku fiksi fantasi yang menjadi genre favorit. Yang mustahil di dunia nyata, bisa saya alami dengan membaca buku sejenis Harry Potter dan Hunger Games.
buku favoritku tentang traveling

.
3)    Ingin menulis, maka wajib membaca

Kalau yang ini wajib hukumnya. Saya yang menyukai kegiatan tulis-menulis sejak masih zaman hobi baca Majalah Bobo, merasakan manfaat besar untuk mencari ide tulisan dari kegiatan baca apa saja. Banyak yang ingin menjadi penulis tapi bilang kalau sulit mencari ide, mungkin disebabkan kurangnya bahan bacaan. Menulis harus diseimbangkan dengan membaca. Bagaimana bisa membuat karya yang baik kalau untuk membaca saja malas?

     Saya merasakan sendiri manfaat plus dari membaca. Beberapa kali menjuarai lomba penulisan blog karena aktif membaca artikel di internet serta membaca bahan bacaan lain yang sangat berguna dalam mengolah kata. Beberapa buku solo serta puluhan antologi pun sudah berhasil saya terbitkan. Dan yang paling oke itu justru ketika sedang menyusun skripsi. Karena terbiasa membaca, saya tidak terlalu kesulitan dalam menganalisa bahan skripsi dan buku penunjangnya. Nggak ada tuh drama berlebihan seorang mahasiswa tingkat akhir yang susah mengerjakan skripsinya. Reading habit make a high quality life.
buku solo saya, kalau mau menulis wajib hobi baca

4)    Bisnis
        Kalau hobi membaca buku dan mengoleksi, lama-kelamaan pasti tumpukan buku akan menggunung. Kita dapat menjadikannya lahan bisnis lho. Buat saja perpustakaan pribadi yang menyewakan buku pada teman atau tetangga. Kalau saya biasanya akan menjual buku lama yang tidak akan saya koleksi lagi. Nah, biasanya para pembeli akan bertanya, ini bukunya seperti apa? Karena sudah membacanya, saya bisa memberikan review buku yang sesuai dengan selera calon pembeli.




Dari empat manfaat besar di atas, sudah sewajarnya kamu mulai mengubah kebiasaan malas baca buku. Bagi saya, membaca adalah buah kebutuhan yang tidak bisa diajukan dari kehidupan seorang perempuan. Jika make up dibutuhkan untuk mempercantik fisik, maka dengan membaca buku, otak dan jiwa kita akan terasupi gizinya. Itulah sebabnya sesekali saya meminjamkan buku pada kawan-kawan perempuan saya. Zaman sekarang, cantik saja tidak cukup. Seorang perempuan yang cerdas, berpengetahuan luas dan well reading kini menjadi salah satu tipe yang disukai the high quality bachelor guy. Kamu bisa membaca beragam jenis buku bagus terbitan Stiletto Book yang memang dikenal sebagai penerbit buku perempuan berkualitas. So, let’s start reading and get the whole advantages.



Artikel ini ditulis oleh,


Nama : Reffi Dhinar
FB : Reffi Dhinar
Twitter : @Reffi_angel
Email : reffi.new2@gmail.com 





4 komentar:

Muhammad Ramdhani on 24 January 2016 at 19:38 said...

Ngomogng-ngomong kamu suka membaca tentang apa?

mawi wijna on 24 January 2016 at 21:43 said...

Dari buku kita bisa mendapatkan ungkapan-ungkapan (quotes) menarik.

Reffi Seftianti on 24 January 2016 at 23:39 said...

@muhammad ramdhani: sukanya buku fiksi dan nonfiksi, apa saja,tapi paling favorit genre fiksi fantasi :)

Reffi Seftianti on 24 January 2016 at 23:39 said...

@mawi: selalu bermanfaat :)

Post a Comment

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^


 

Kata Reffi Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos

badge