Menulis Saja, Jangan Banyak Bertanya

source : www.pinterest.com

Menulis agaknya menjadi sebuah aktivitas yang semakin digandrungi, seiring berkembangnya blog dan juga boomingnya karya tulis yang beraneka ragam. Sudah banyak yang mencoba untuk menulis, sebagian lagi berhasil, sebagian lagi masih merintis, dan tak sedikit pula yang menyerah kalah. Untuk yang menjadi bagian 'the give up writers' itu punya banyak alasan mengapa akhirnya menyerah dalam memperjuangkan impiannya.

Menulis memang tidak langsung menghasilkan uang dan ketenaran, tetapi jika memang sudah mencintainya, maka proses kreatif itu akan dilakukan untuk memperkaya batin kita. Urusan materi dan popularitas akan mengikuti jika memang karya kita berkualitas.

Apa yang dibutuhkan seseorang agar tahan banting dalam proses kepenulisan?
Tahan banting, kuat fisik, dan mencintai aktivitas menulis sepenuh hati.


Saya sendiri juga belum bisa dikatakan mandiri secara finansial dari menulis. Pekerjaan utama saya berhubungan dengan bahasa asing. Menulis akan saya lakukan setelah pulang kerja atau di sela kesibukan. Namun, saya tidak akan meninggalkan aktivitas menulis begitu saja. Karena cinta, maka saya bisa bertahan sampai sekarang. Beberapa buku solo, antologi bersama dan juga blog menjadi jalur yang saya pilih untuk terus berkarya.

Tiap penulis punya jalan takdir karyanya sendiri-sendiri. Kita boleh iri dengan cemerlangnya kawan sesama penulis yang karyanya rutin menghiasi rubrik cerpen di media massa, atau sesama blogger yang sering menjuarai lomba blog besar. Namun iri saja tidak cukup. Para pemenang itu melalui jalan yang tidak mudah dan pastinya luar biasa melelahkan, tanpa kita ketahui. 
source : quotesgram.com

Maka, menulis saja. Membaca buku sebanyak mungkin, berteman dengan orang-orang inspiratif, dan terus belajar  agar karya kita semakin bagus kualitasnya. Biar dikritik pedas, kita harus belajar menerima. Tetapi jangan hiraukan kalimat yang tidak membangun dan menjatuhkan mental. Penulis buku, artikel, cerpenis, blogger dan penulis lainnya punya segudang tugas yang harus dijalani. Menulis saja, jangan terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bertanya apakah kita sudah layak membuat tulisan atau tidak.

Kelayakan itu akan terjadi jika kita percaya pada diri sendiri dan terus belajar dengan rendah hati.


source : quotesgram.com

6 komentar

Inda Chakim mengatakan...

keren mbk, udh punya banyak karya. top.
makasih pencerahannya ya mbk :)

Safira R Ashari mengatakan...

Setuju sekali, sesibuk apapun kegiatan pasti kalau udah suka nulis kapanpun dijabani tanpa banyak alasan dan keluhan. 😄

Bukan Blog Biasa mengatakan...

Kata-katanya penyemangat banget, kalo emang Passion lo nulis ya udah jalanin aja semuanya :)

Reffi Dhinar mengatakan...

all: trims sudah mampir :D

Titis Ayuningsih mengatakan...

Survive dalam menulis juga perlu proses ya mbak

Reffi Dhinar mengatakan...

iya mbak Titis, bagaimanapun juga menulis sama dengan berjuang :)