Tuesday, 29 March 2016

Daun Sukun Andalan Mama

Daripada menanam tanaman obat, Mama lebih senang menanam tanaman hias untuk cantik teras rumah. Meskipun Mama tidak terlalu suka membudidayakan tanaman obat,tapi kalau untuk pengetahuan obat-obatan alami dan juga nutrisi yang baik untuk anak-anaknya, jelas menjadi nomor satu. Mama akan menyediakan piranti terbaik untuk menjaga kesehatan keluarga.

Ada salah satu tumbuhan yang memang tidak ditanam secara sengaja, namun dibiarkan tumbuh liar sampai beberapa pohon di sekitar rumah yaitu pohon sukun. Sejak kecil, tubuh saya termasuk cukup rentan dengan berbagai macam penyakit. Oleh sebab itu, Mama selalu siap menjadi  ahli gizi serta tabib  jika anggota keluarganya sedang membutuhkan pertolongan pertama. Hal yang paling berkesan adalah saat Mama memaksa saya untuk minum teh daun sukun.

Daun sukun itu didapat dari pohon sukun yang dibiarkan liar tanpa perawatan yang layak. Mama pernah tidak sengaja membaca sebuah artikel kesehatan yang menyebutkan jika teh daun sukun bisa menurunkan asam lambung, sakit jantung dan juga batu ginjal. Mama pun mengambil beberapa daun sukun yang dibersihkan dulu sebelum direbus untuk dikonsumsi. Daun sukun rupanya bisa dimanfaatkan untuk sakit asam lambung setelah Mama mengonsumsinya sendiri.

Mama yang semakin lama semakin getol melakukan aksi hidup sehat, juga sangat concern dengan pemilihan makanan atau minuman. Daripada saya terkena penyakit  sembari terus-menerus minum obat, maka Mama mengambil beberapa helai daun sukun untuk dijadikan teh. Alhasil, minum rebusan daun sukun itu saya lakukan walau rasanya sangat aneh dan hambar. Tapi dari minuman itulah saya tahu bagaimana kerasnya Mama menjadi perempuan tangguh sejak kecil. Kasih sayang Mama juga terasa nyata di kepala saya. Demi menjaga anak-anaknya, Mama terus berupaya sebaik mungkin. Teh daun sukun menjadi salah satu media kasih sayangnya.

2 comments:

  1. Saya punya asam lambung, biasanya menggunakan kunyit.
    Ternyata daun sukun bisa mengobati asam lambung ya..? Wah ternyata obat alami untuk asam lambung banyak juga :)

    ReplyDelete

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^