Saturday, 2 April 2016

Memaksakan Diri untuk Belajar


Saya sama sekali tidak membayangkan kalau ngeblog akan menjadi salah satu aktivitas yang nantinya bisa membuahkan penghasilan. Blog pada mulanya dimuat sebagai diary online dimana kita bisa menulis apa saja tanpa perlu sensor, selama kontennya tidak vulgar ataupun menyinggung orang lain. Enjoy saja sambil sesekali  mengikuti kontes atau giveaway. 

Bergabung di komunitas menulis pun sudah saya lakukan. Belajar online dan hadir di seminar baik yang berbayar atau gratisan pun sudah diikuti, demi mengasah kemampuan menulis. Bagi saya, sedikit mengeluarkan biaya demi mendapatkan ilmu itu tidak apa-apa. Sampai tidak terasa jika ngeblog mulai bisa menghasilkan uang, tulisan di blog mulai memiliki penggemar dan yang paling tidak saya sangka, komunitas menulis yang saya ikuti memilih saya untuk sharing soal pengalaman ngeblog. Padahal saya belum layak disebut sebagai mentor. Beberapa kali memenangkan lomba, tidak serta merta menjadikan saya profesional.
Sampai akhirnya saya melihat sebuah postingan mengenai acara Fun Blogging di Surabaya. Langsung deh saya capcus daftar. Meski harus membayar biaya selama workshop, saya merasa kalau ingin lebih oke lagi dalam ngeblog, saya harus memaksakan diri utuk belajar. Lagipula ada ilmu plus selain mendapatkan pengetahuan, menambah teman juga bisa dibilang sebagai rezeki bukan?

Lewat Fun Blogging saya berkenalan dengan mentor-mentor cantik yang inspiratif yaitu Ani Berta, Haya Aliya Zaki dan Shinta Ries. Mereka punya cara yang unik dan tepat sasaran untuk mempopulerkan blognya. Bagaimana mengolah konten, monetizing blog sampai mendesain blog menjadi lebih attractive saya dapatkan dari Fun Blogging. Bonus berikutnya, saya bisa tergabung dalam komunitas Fun Blogging serta mendapat ilmu yang berkesinambungan. Job ngeblog juga bisa didapat dalam komunitas ini.

Saya tidak punya trik khusus untuk mengikuti sebuah kopdar atau acara blogger. Buat saya kalau memang memiliki benefit ilmu, ya saya ikut. Kalau hanya sekadar kopdar saja, saya sih tidak terlalu tertarik. Menyisihkan sedikit uang dari penghasilan tetap untuk pengembangan hobi, sudah menjadi kebiasaan saya. Dan kalau memang event blogger itu memang bisa saya jangkau dengan kendaraan umum (karena saya tidak bisa naik motor),  kemungkinan besar saya ikut. Tidak perlu terlalu mengejar kesenangan untuk eksis, karena dikenal lewat tulisan dan prestasi itu lebih menarik, itu sih menurut pendapat saya pribadi. Seperti yang ditekankan oleh para mentor Fun Blogging, seorang blogger harus memeperbaiki kualitas kontennya, jangan hanya mengejar sponsor serta menaikkan traffic dengan cara yang kurang baik.
I try to be a ‘good attitude’ blogger, not just a show off blogger.

4 comments:

  1. asyiknya bisa ikutan ya, nambah ilmu tentunya

    ReplyDelete
  2. Semangat belajar Mbak dan keep blogging ^^

    ReplyDelete
  3. memang liburan yang menyenangka ya dirumah, tapi ya sesekali keluar. kalau saya sering dirumah ketimbang keluarnya, biasanya saya isi dengan membaca buku, tapi biasanya juga bermain sepakbola d PS itu. dan dirumah bisa berfikir-fikir buat perencanaan untuk berwirausaha

    ReplyDelete
  4. "karena dikenal lewat tulisan dan prestasi itu lebih menarik.." wohoooww! get it! nice mba :)

    ReplyDelete

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^