Bagaimana Cara Anak Kos Bertahan Hingga Tanggal Tua

source: abovethelaw.com


Bertahan sampai tanggal tua, bagaimana bisa? Apalagi dengan status anak kos seperti saya yang harus membagi dana untuk biaya kos, makan dan minum sehari-hari serta membagi dengan kebutuhan sosial lainnya yang kadang tanpa sadar membutuhkan biaya. Money is not everything, but with money life run easier. Selain berstatus sebagai anak kos, saya juga sudah tidak lagi mengandalkan bantuan finansial orang tua semenjak lulus kuliah serta bekerja. Alhasil, ketika memasuki tanggal tua, seakan ada hantu yang menari-nari di kepala. Takut kalau dompet saya sekarat. Bagaimana cara anak kos bertahan hingga tanggal tua adalah pertanyaan yang rutin meneror saya tiap bulan.

Anda yang saat ini sedang tinggal sendiri dan juga berstatus sama seperti saya, single and have a job to fulfil our needed, rasanya juga perlu belajar mengatur keuangan supaya bisa tetap bertahan hingga tanggal tua. Setelah melakukan beberapa trial error (ketika error, saya bisa mengorek tabungan untuk menambal kosongnya dompet), ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai cara anak kos bertahan hingga tanggal tua.


1.       Awal gajian langsung dahulukan utang dan tabungan
Ini sih cara ibu-ibu kita dari zaman dahulu. Mumpung masih lajang, sebaiknya kita mulai belajar mengatur pengeluaran. Biasanya setelah gajian, saya akan menghitung utang dan tagihan apa saja yang saya punya dan perlu diayar, misal yang tergolong tagihan adalah sewa kos atau misal jika memiliki tanggungan kredit barang.

 Berikutnya merinci kebutuhan wajib tiap bulan, seperti pulsa telepon dan internet dan juga kebutuhan makan sehari-hari. Saya juga mengalokasikan dana untuk ansuransi jiwa serta tabungan berjangka. Ansuransi jiwa itu baru bisa diklaim sepenuhnya setelah lima belas tahun, sedangkan tabungan berjangka sifatnya setahun baru bisa diambil. Nah, sisanya baru saya gunakan untuk social life misal sesekali nongkrong atau nonton film di bioskop bersama teman-teman. Pisahkan rekening untuk tabungan dan rekening untuk kebutuhan selama satu bulan.

2.       Ingin social life keren  tanpa keluar banyak biaya? Jadilah blogger yang andal
Pasti anda bertanya-tanya, maksudnya apaan nih? Lho ini serius. Memang dibutuhkan waktu beberapa lama dari seorang blogger pemula sampai menjadi blogger yang profesional. Tetapi inilah yang dirasakan oleh banyak kawan saya para blogger profesional dan juga saya yang masih belum sepenuhnya profesional, hehehe.

 Kawan saya yang rutin menulis tentang tempat makan unik dan enak di kotanya, bisa dapat kesempatan makan-makan gratis di restoran baru yang ingin direview di blog. Atau seperti saya yang dapat kesempatan mengikuti gathering sebuah komunitas merk ponsel yang sedang naik daun hanya karena saya lumayan tekun mengisi konten blog www.wordholic.com. Semuanya free dan malah mendapat kesempatan untuk memperluas networking serta social circle yang oke punya.

3.       Berbelanja cerdas
Yang namanya perempuan apalagi juga sebagai seorang pekerja, tentunya penampilan baik harus tetap dijaga. Untuk itu anda perlu menerapkan strategi belanja cerdas. Buat list belanja yang efisien dan ambil uang tunai secukupnya. Tinggalkan kartu kredit di rumah dan kalau mau lebih ekstrim lagi, tinggalkan kartu ATM serta ambil uang tunai secukupnya.

source: www.parentingtipsforgirls.com 

Atau pilihan cerdas lainnya adalah pintar-pintar memilih cara berbelanja. Anda bisa berbelanja online di sebuah situs yang terpercaya dengan diskon yang tentunya menarik seperti MatahariMall.com, mulai dari fashion untuk segala usia dan juga peralatan rumah tangga bisa dibeli dengan harga lebih hemat. Perhatikan kualitas produk dan juga bisa jadi anda mengamati bagaimana testimoni konsumen. Akan lebih baik lagi jika situs belanja online tersebut juga sudah memiliki nama di bidang ritel dalam bentuk fisik. Belanja di hari tua pun tidak akan jadi masalah jika banyak diskon menarik yang bisa diperoleh di situs belanja online favorit anda.

Segera ubah perilaku boros menjadi lebih smart dalam mengatur keuangan. Bertahan hingga tanggal tua sudah bukan lagi angan-angan. Semoga tabungan akan lebih bertambah nominalnya, you can do it right now!




4 komentar

Tira Soekardi mengatakan...

kalau aku dulu mah mau makan enak sbg anak kos pada tanggal tua, cari yang kawinan di hotel, nah datang sbg pengunjung, ha, ha, kadang ngamen bareng temen di tempat tongkrongan anak muda walau pernah ketemu dosen di sana

Reffi Dhinar mengatakan...

sipp, hahaha,,jadi inget say ajuga kalau waktu puasa biasanya nyari takjil gratis di masjid :D

ali shodiqin mengatakan...

kalau saya di kos dulu ya,.. makannya seadanya, telor sama bon cabe itu udah enak banget. hemb.. hemat banget soalnya

Reffi Dhinar mengatakan...

bon cabe sama abon sapi.. hehehe