Sunday, 26 June 2016

Apa Saja yang Bisa Dikerjakan Seorang Blogger?


Semua pekerjaan itu pastilah baik selama dilakukan dalam cara yang halal. Namun pekerjaan yang baik sekalipun tak selalu asyik, iya kan? Berapa banyak orang-orang di luar sana yang harus mencari jati diri serta passionnya dalam pekerjaan yang dilakoni serta terjebak dalam rutinitas yang membuat mereka lebih mirip robot daripada manusia. Di antara sekian banyak profesi yang ada di sekitar kita, saya memilih profesi blogger sebagai profesi asyik yang bisa mengakomodasi hobi menulis saya dan juga hobi yang lainnya.

Lantas aktivitas apa saja yang membuat blogger menjadi sebuah aktivitas yang membuat seseorang keasyikan bahkan mulai banyak yang menjadikannya sebagai pekerjaan freelance sampai tetap? Jawabannya banyak sekali.

  • ·         Online diary produktif
Sebagai tujuan awalnya dibuat blog, fungsi utamanya adalah sebagai sebuah jurnal pribadi atau semacam online diary. Bagi anda yang memang tak keberatan jika menceritakan hal bersifat pribadi di dalam blog, maka menulis blog adalah sebuah cara ampuh untuk mengurangi beban berat di otak maupun perasaan. Hal produktif yang bisa didapat dengan menulis di blog adalah pembaca bisa ikut berkomentar di tulisan anda. Mulai dari ikut memberikan kritik saran, atau mungkin anda malah bisa menjadikannya sebuah buku yang berpotensi best seller. Sudah kenal dengan Raditya Dika yang menjadi penulis kenamaan lewat genre komedi di buku-bukunya? Buku pertamanya meledak di pasaran itu awalnya ditulis di blog. 

  • ·         Berjualan online
Perkembangan blog yang semakin pesat, kini merambah dunia bisnis. Anda yang berkecimpung di bidang online shop pasti sudah mengenal media promosi semacam facebook, instagram dan juga BBM Group. Nah, dengan berjualan melalui blog, maka anda akan semakin mudah dalam mengelola bisnis. Sudah banyak template blog yang mendukung online shop sehingga pembeli bisa melihat foto produk serta membaca deskripsi produk, bertanya dengan admin, sekaligus memesan dan mendapatkan invoice. Anda cukup mengecek sekali sehari blog anda, tanpa terganggu notifikasi di ponsel jika ada calon pembeli yang ingin bertransaksi.

  • ·         Promosi brand
Promosi brand melalui blog adalah tema tulisan yang juga sudah membuka networking saya dan juga tambahan rezeki melalui blog. Di blog pribadi saya yang isinya gado-gado www.wordholic.com itu sudah berkesempatan mendapat job promosi dari brand seperti kartu provider, review tokoh sukses atau entrepeneur dan juga platform website travel. Masih banyak lagi blogger sukses yang mendapat job dengan fee menggiurkan dari brand terkemuka. Saya juga masih berusaha untuk bisa meraih prestasi tersebut.

image source : prettyfluffy.com

  • ·         Makan gratis, jalan-jalan gratis
Ini yang sering membuat saya terkagum-kagum dengan blogger-blogger sukses yang bisa jalan-jalan gratis atau makan di tempat bagus berkat tulisannya di blog. Saya juga mulai mengalami asyiknya. Misalnya ikut gathering blogger yang diselenggarakan portal belanja online atau gathering gadget community yang memang melakukan engagement dengan para blogger. Banyak bertebaran lomba blog yang berhadiah traveling ke dalam negeri sampai luar negeri. Semoga saja saya bisa mencapainya dalam waktu dekat ini.

  • ·         Bermanfaat untuk negeri
Kalau dalam poin-poin sebelumnya, lebih banyak membahas keuntungan menjadi blogger, salah satu hal yang ingin saya capai lewat blog adalah berbagi hal yang bermanfaat untuk pembaca dan juga masyarakat luas. Setidaknya dengan tulisan bermanfaat, saya juga turut memberikan sumbangsih yang meskipun sederhana tapi punya makna buat diri saya. Salah satu komunitas yang mendeklarasikan diri untuk memberikan sumbangsih positif lewat blog adalah Koalisi Online Pesona Indonesia (KOPI). Pada tanggal 26 November 2015, para jurnalis dan blogger yang tergabung dalam AJOIN (Aliansi Jurnalis Online Indonesia) serta Kabarindo, mendeklarasikan diri untuk mempopulerkan dunia pariwisata, film nasional, budaya hingga kuliner daerah lewat tulisan. 

Meskipun saya masih terhitung baru bergabung dalam grup WA KOPI, saya bangga karena dapat berinteraksi langsung dengan para penulis, jurnalis dan juga blogger senior yang karyanya berkualitas. Salah satu aktivitas yang menonjol adalah dukungan KOPI di kancah perfilman nasional. Anggota KOPI akan mengadakan nobar dan menuliskan review di blog atau website masing-masing sehingga film nasional lebih populer di tengah masyarakat.  Semoga saja saya bisa menjadi bagian di event Pesta KOPI Sapa Dunia pada tanggal 25 – 27 November tahun ini.

Banyak sekali yang bisa kita lakukan dengan menjadi blogger. Blog kini menjadi lifestyle yang mengandung nilai intelektual, branding dan juga nilai materil. Tetaplah menulis dan jangan lupakan kaidah kepenulisan yang baik dan tidak melanggar norma ya.





6 comments:

  1. Banyak ternyata manfaat jadi blogger mbak. Thanks for.sharing ya ...

    ReplyDelete
  2. nice blog kak :)
    oya saya mau tanya kak. Bagaimana cara bergabung di komunitas KOPI ? apakah ada ketentuan khusus kak ?

    kunjungi blog sya juga ya : cannaparanita.wix.com/cana

    terimakasih :))

    ReplyDelete
  3. Bermanfaat untuk negeri.
    Bener banget yang ini. Kadang, banyak yang kira kalau blogger ya gitu2 aja kerjaannya. Padahal sharing dr blogger, bisa jadi alternatif buat perbaikan hidup :)

    ReplyDelete
  4. Iyaaaa, saya bangga jadi blogger :))))

    ReplyDelete
  5. Saya belom yang poin 2. Pengen deh bisa jualan online. Tapi... takut terus. Banyak mikir ini itu. Payah, ya. :D

    ReplyDelete

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^