.comment-content a {display: none;}

Sunday, 19 June 2016

Cara Menambah Penghasilan Sebagai Freelancer

Diposkan oleh Reffi Seftianti di 07:36
Response 
Pekerjaan sambilan atau freelance kerap kali dipandang sebelah mata oleh kita. Memang menjadi freelancer tidak ada jaminan kenaikan jabatan atau karir dan juga jaminan penghasilan tetap seperti di kantor, itulah sebabnya profesi ini tidak dipilih jika ingin kondisi finansial stabil tiap bulan. Namun seiring dengan berkembangnya teknologi dan juga semakin variasinya kebutuhan hidup yang tentu membutuhkan biaya tambahan, maka sudah semakin banyak pekerja kantoran atau pegawai tetap yang melirik profesi kedua sebagai freelancer. Tutorial serta buku tentang cara menambah penghasilan sebagai freelancer pun semakin banyak bermunculan di pasaran.
Tak bisa dipungkiri, saya pun sudah merasakan asyiknya menjadi seorang freelancer walaupun saat ini sudah menjadi pegawai tetap di sebuah instansi peleburan baja. Apakah karena saya kekurangan uang? Syukurnya bukan karena itu. Terjun sebagai freelancer saya lakukan untuk mengasah kemampuan saya yang lain seperti menulis serta mengajar. Untungnya menjadi freelancer adalah saya bisa menentukan jam kerja saya sendiri dan juga menambah pundi-pundi receh yang bisa saya gunakan untuk traveling atau sedikit beramal tanpa mengganggu gaji utama saya. Sudah banyak juga kawan saya yang malah menjadikan pekerjaan freelance sebagai sumber penghasilan utama. Inilah beberapa cara menambah penghasilan sebagai freelancer yang dirangkum dari aktivitas saya dan juga para freelancer profesional lain.
1. Melek Internet dan Tahu Bagaimana Mengoptimalkannya
Syarat mutlak untuk menjadi freelancer adalah melek internet. Saat ini sudah banyak informasi pekerjaan freelance yang bisa didapat di social media, bukannya di surat kabar. Contohnya saja banya penerbit indie yang membutuhkan jasa ahli layout naskah, desain kover atau editor freelance dengan upah yang lumayan. Pada awalnya jangan memasang harga terlalu tinggi. Bidang lainnya seperti yang saya lakukan ialah menerjemahkan naskah freelance. Setelah kiprah anda sudah teruji dan banyak klien yang puas dengan kinerja anda, sah-sah saja jika anda ingin mulai menaikkan tarif asal masih dalam kisaran wajar.
2. Mulai Ngeblog
Ngeblog adalah aktivitas yang kini tak hanya dianggap sebagai killing time atau sekadar pengisi waktu luang saja. Seorang blogger bisa dibayar dengan fee dari kisaran puluhan bahkan sampai jutaan rupiah untuk menuliskan sebuah artikel. Anda bisa menuliskan hal-hal yang anda sukai seperti makanan atau fashion, dan jika tulisan anda sudah menyaring banyak pembaca dan juga traffic yang oke, maka brand bisa menawarkan untuk memasang iklan di blog anda. Atau bisa jadi anda diminta menuliskan artikel tentang sebuah brand seperti yang beberapa kali saya alami.
3. Berbisnis Online
Berbisnis online seperti pakaian, produk homemade dan juga aksesoris juga bisa menambah keuntungan. Sudah banyak pebisnis online yang awalnya menjadikan kegiatannya sebagai sambilan malah kini omzetnya mencapai jutaan dan melampaui gajinya sebagai karyawan. Jika sudah sukses begitu, anda bisa memilih untuk mengembangkan bisnis anda lebih serius lagi.
4. Bergabung di Situs Freelancer
Bergabunglah di situs freelancer yang menawarkan banyak pekerjaan freelance sesuai dengan keahlian anda. Mulai dari jasa pembuatan website, data entry dan lain-lain. Di Indonesia, salah satu situs freelancer yang populer adalah projects.co.id. Saya telah beberapa kali mengerjakan project dari situs tersebut.
5. Menjadi Affiliate Marketer
Apa itu affiliate marketer? Affiliate marketer adalah seseorang yang mempromosikan link produk atau jasa di medianya seperti socmed atau blog dan akan mendapatkan komisi jika ada seseorang yang bertransaksi dari link affiliatenya. Anda bisa mencoba untuk bergabung menjadi affiliate marketer di projects.co.id dengan klik link ini. Di situs tersebut anda akan diberi penjelasan dengan lebih mudah.
Tertarik menjadi freelancer? Anda tidak perlu meninggalkan pekerjaan tetap dan masih bisa menambah pemasukan dari kerja freelance. Butuh usaha dan juga manajemen waktu yang baik agar pekerjaan anda tetap seimbang. Ciptakan kesempatan dan temui keberuntungan dengan kerja keras dan juga cerdas.

2 komentar:

Agustina Purwantini on 22 June 2016 at 17:56 said...

aku sdh suka dan rajin ngeblog, tapi blum tau cara datengin duit secara efektif dari situ...

Reffi Seftianti on 22 June 2016 at 17:59 said...

ikut event blog dan komunitas mbak, jadi bisa tahu banyak penawaran job :)

Post a Comment

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^


 

Kata Reffi Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos

badge