Saturday, 9 July 2016

Aplikasi Yang Perlu Dimiliki Penulis dan Blogger


Gadget adalah benda yang lumrah dimiliki di zaman serba teknologi saat ini. Apalagi jika kamu seorang penulis atau blogger. Gadget sederhana seperti smartphone dan laptop, biasanya menjadi piranti wajib untuk membantu aktivitas menulis. Selain fungsi di dalam gadget yang sangat membantu untuk menulis, seorang pengguna gadget pasti tidak terlepas dari yang namanya aplikasi. Aplikasi-aplikasi yang tepat bisa membantu aktivitas untuk menulis, lho.

Aplikasi apa saja yang bisa membantu seorang penulis dan blogger? Ini daftar beberapa aplikasi yang saya gunakan dan sangat membantu passion saya dalam membuat karya tulis sekaligus ngeblog.

1. Blog application (Blogger dan Tumblr)

Tiap kali membeli gadget, aplikasi inilah yang saya instal pertama kali, selain aplikasi chat seperti BBM dan WhatsApp. Memang ngeblog via gadget tidak seleluasa jika menggunakan PC atau laptop, tetapi kita bisa memanfaatkan waktu luang di saat macet, menunggu antrian atau jika tiba-tiba mendapat ide ngeblog dengan segera membuat draftnya di aplikasi. Setelah ada waktu luang, draft kasar tadi bisa segera kita edit dan kita perbaiki. Keterbatasan aplikasi Blogger misalnya yang hanya bisa mengupload foto di bagian bawah tulisan tanpa bisa mengatur tata letak adalah salah satu kekurangan, namun saya jadi bisa segera menulis di blog jika ada ide. Urusan tata letak bisa diatur setelah pulang kerja.

2. One Note

Aplikasi ini mirip dengan Evernote. Kamu bisa mengedit tulisan, melakukan perekaman suara atau mengumpulkan artikel web menjadi satu. Aplikasi ini baru saya gunakan, namun sepertinya asyik sekali karena Evernote sudah mendapat banyak keluhan dari penggunanya. Jika melakukan project menulis duet atau karya bersama teman sekolah dan kantor, One Note bisa jadi salah satu media. One Note juga bisa disinkronisasikan dengan PC.

3. Aplikasi edit photo

Jika anda seorang blogger, maka aplikasi untuk mengedit foto juga termasuk penting. Saya biasanya menggunakan aplikasi Phonto dan Photogrid untuk memberi text, menggabungkan foto atau memberi efek menarik pada foto yang akan saya upload di blog. Banyak juga aplikasi foto yang bisa mempercantik foto atau image menyerupai hasil editor profesional seperti Pics Art, Pics Monkey, dan lain-lain.

4. Pinterest

Pinterest itu bisa jadi sumber ide buat blogger dan penulis lho. Di aplikasi ini kita bisa mendapatkan ide untuk prakarya, karir dan sebagainya. Saya biasanya memakai Pinterest utnuk mencari cara membuat artikel blog yang baik bagaimana memoles tulisan, dan banyak hal lainnya. Promosi tulisan di blog juga bisa dilakukan di media ini.

Itulah beberapa aplikasi favorit yang saya gunakan saat menulis dan ngeblog. Kamu punya referensi aplikasi lainnya? Silakan berbagi di kolom komentar ya J

6 comments:

  1. wih makasih banyak atas infonya nih, kebetulan saya baru pemula jadi blogger :p

    ReplyDelete
  2. pinterest itu berat banget buat HP & paket data saya. hehehe...

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. Coba pake Trello mbak buat bikin draft. Bisa di sinkronisasi ke PC juga dan bisa share job.

    ReplyDelete
  5. waah,,,,nanti saya coba, makasi buat infonya :D

    ReplyDelete

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^