Tuesday, 30 August 2016

Jika Kamu Tidak Lucu Lagi

Judul Buku: You're Not Funny Enough
Penulis: Jacob Julian
Jumlah halaman: 280
Penerbit: Ping!!!

Jamie adalah seorang stand up comedian yang berjuang untuk mempertahankan mimpi serta bertarung dengan realita. Stand up comedy dalam novel ini diceritakan telah kehilangan gaungnya dan mulai ditinggalkan penggemar. Sebuah lompatan waktu yang patut dipikirkan oleh semua pelaku seni manapun. Kejayaan masa kini bisa jadi akan surut suatu hari nanti, dan lewat tokoh Jamie inilah kita diajak berkhayal sejenak, apa yang akan dilakukan pemimpi jika mimpinya sendiri seolah tidak layak untuk dipertahankan?

Sebagai seorang stand up comedian, Jamie cukuplah berdedikasi. Ia mengisi acara stand up comedy di kafe milik sahabatnya. Namun pada kenyataannya, pekerjaan sebagai komika belum mampu memberikan penghidupan yang layak. Jamie ditinggalkan kekasihnya, hidup pas-pasan dan kini terancam melepaskan mimpinya.

Akhirnya ia memilih untuk menyerah lantas hijrah dari Madiun ke Kalimantan untuk mengobati luka hati akibat cinta dan juga melepaskan impian. Jamie tak lagi ingin membahas bagian hidupnya sebagai komika. Namun di atas kapal yang ia tumpangi, pemuda ini bertemu Fey dan tunangannya yang bernama Luka. Fey memaksa Jamie untuk melakukan pertunjukan stand up comedy. Tak disangka, sambutan penonton kapal cukup meriah sampai Jamie ditawari untuk menjadi pengisi acara tetap. Jamie bersikeras menolak. Ia tak ingin lagi terjun di dunia stand up comedy.

Novel ini memiliki alur yang terkesan pelan, namun tetap mampu mengaduk emosi pembaca. Kita juga mendapat wawasan tentang penulisan script stand up comedy, teknik penguasaan penonton dan materi  dan bagian komika tanpa perlu bertanya pada komika sesungguhnya. Riset penulis tentang stand up comedy sangatlah baik. Jamie mengalami perjalanan yang tak mudah sampai ia sempat menjadi cleaning service sebuah mal di Kalimantan. Novel ini patut dibaca bagi siapapun yang sedang memperjuangkan impiannya. Apa yang terjadi pada Jamie berikutnya? Mengapa Jamie bisa bekerja di sebuah sirkus? Untuk mengetahui jawabannya segera baca buku ini.

1 comment:

  1. Tadinya saya kira ini novel terjemahan. Ternyata lokal ya. Hehehe ketipu ama nama penulisnya.

    Well, kayaknya seru nih. Tapi kakak, kenapa gak sekalian dibahas secara tuntas aja aspek2 lainnya? Dibikin pros-cons giru. Jadi kan biar kebayang ama kita hehe. Anyway, nice review :)

    ReplyDelete

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^