.comment-content a {display: none;}

Sunday, 6 November 2016

Persaingan Cinta yang Mengancam Persahabatan

Diposkan oleh Reffi Seftianti di 07:50
Response 


Judul Buku: My Lovely Beetle
Penulis: Kamiluddin Azis
Tahun Terbit: Cetakan Pertama, Mei 2013
Jumlah Halaman : 290 halaman
Penerbit: Plotpoint

Apa yang paling penting bagi hidup sesoerang? Apakah cinta atau persahabatan? Di dalam kehidupan perempuan, terutama yang baru menginjak usia remaja, memiliki sahabat dekat adalah salah satu bentuk eksistensi diri dalam pergaulan. Sahabat satu geng yang kedekatannya menyerupai satu saudara adalah sebuah hal yang cukup penting dalam fase pencarian jati dirinya. Termasuk juga cinta. Jadi kedua hal itu sama pentingnya. Namun bagaimana jika masalah cinta bisa menjadi ganjalan dalam hubungan persahabatan?

Kamiluddin Azis berhasil menceritakan fenomena manis dalam lingkup persahabatan lima remaja perempuan. Karakter Indri, Nola, Yuki, Vey dan Nadia adalah lima sekawan yang saling percaya satu sama lain serta saling mengetahui kekurangan serta kelebihan satu sama lain, harus mengalami perselisihan hanya karena bersaing memperebutkan satu laki-laki. Rahka yang dipanggil Kaka, berhasil memesona kelima remaja perempuan yang sedang tersesat saat sedang menjalani acara pecinta alam.

Tidak seperti novel teenlit lainnya, yang menjadikan kehidupan remaja kota dengan gaya bling-blingnya atau tokoh remaja perempuan yang disukai dua tokoh cowok utama yang sama kerennya, novel ini berhasil mengangkat sisi kehidupan remaja dari sudut pandang yang berbeda. Lima sahabat dalam novel ini mulanya tersesat dalam acara penjelajahan hanya karena pertengkaran sepele Yuki dan mantan kekasih sekaligus seniornya, Abi. Demi membuktikan jika Yuki dan sahabat-sahabatnya bisa menerima tantangan Abi, maka Yuki dan kawan-kawannya malah tersesat sampai jatuh di area persawahan. Tak disangka mereka ditolong Kaka, si pemuda tampan dan cerdas yang sukses menawan hati kelimanya.

Di sinilah intrik dimulai. Bagusnya meski berjuang untuk satu orang yang sama, Yuki dan keempat sahabatnya memutuskan untuk bersaing secara sportif tanpa berniat memecah hubungan pertemanan. Laki-laki yang menjadi idola, Kaka, adalah seorang siswa berprestasi sekaligus memiliki hobi unik yaitu mengoleksi serangga. Salah satu koleksi favoritnya adalah mengoleksi beragam jenis kumbang. Sebelum Yuki dkk kembali ke Jakarta, ia memberi kelimanya kumbang yang bisa mereka pelihara.

Sebuah perjanjian konyol adalah saat Yuki, Indri, Nola, Vey dan Nadia   bertaruh jika siapa yang bisa memelihara kumbang pemberian Kaka sampai sebulan, maka dialah yang berhak mendekati Kaka. Di satu sisi, Abi, juga masih menyimpan perasaan kepada Yuki.

Tak hanya masalah cinta yang dibahas di sini. Dalam perjalanannya, kelima gadis remaja tersebut mengalami metamorfosa demi menjadi sosok yang baru dan menarik Kaka nantinya. Ada yang berjuang diet dengan olahraga, ada yang belajar memasak, dan usaha-usaha ingin memperbaiki diri lainnya yang membawa perubahan baik juga perjalanan baru yang tidak terduga. Persaingan secara suportif inilah yang menjadi daya tarik lainnya dari novel ini.

Dari novel ini kita bisa memetik pelajaran jika untuk menemukan cinta yang baik, maka diri kita harus tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik dulu. Perjalanan hati memang tak terduga, dan ada sakit atau duka kadang menjadi bumbunya. Siapa yang akan dipilih Kaka, dan apakah Abi bisa memenangkan hati Yuki lagi setelah sempat menyakiti? Segera baca buku ini dan temukan jawabannya.

0 komentar:

Post a Comment

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^


 

Kata Reffi Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos

badge