Cara Mempopulerkan Blog


Setelah blog berhasil dibuat, kini saatnya mulai memposting tulisan dan juga mempopulerkan blog kita sendiri. Mungkin pada awalnya kita akan merasa malu atau tidak memiliki kepercayaan diri untuk menyebarkan tulisan, tapi kembali lagi pada tujuan nge-blog ya. Blog dibuat agar orang lain bisa meninggalkan komentar di tulisan kita. Dan agar orang lain tahu apa isi tulisan kita, tentunya kita harus memperkenalkan blog kita, ibaratnya jika ingin ada pembeli yang membeli dagangan kita, tentunya kita harus rajin berpromosi.

Berikut ini beberapa tips untuk mempopulerkan blog yang sangat mudah dilakukan blogger pemula,

  •  Optimalkan penggunaan media sosial seperti facebook dan twitter. Promosikan link tulisan di timeline anda. Beri caption cuplikan isi tulisan kita agar orang tertarik untuk mengklik dan membacanya.
  • Menulislah sesuai dengan minat dan keahlian. Jika anda memiliki minat di bidang psikologi, maka isilah postingan blog dengan artikel-artikel yang berkaitan dengan wawasan anda di bidang psikologi. Sudah banyak blog-blog khusus yang membahas satu bahasan tema misal serba-serbi gadget, hubungan pernikahan dan lain-lain. Biasanya blog dengan satu tema yang berkaitan akan lebih cepat menarik membaca dan follower. Tapi jika memang anda ingin menggunakan blog sebagai curahan isi hati dan mengisinya dengan beragam tema, hal itu juga diperbolehkan. Kemas semenarik mungkin isi curhatan dan jangan menyinggung nama tertentu atau berbau SARA. Promosikan artikel blog di komunitas blogger yang banyak beredar di dunia maya seperti Warung Blogger, Blogger Indonesia dan masih banyak lagi.
  • Sering-seringlah mengikuti kompetisi blog dari yang berupa giveaway hingga kontes berhadiah besar. Rajin mengikuti kompetisi dan kontes blog itu bisa membuat blog kita lebih sering dikunjungi. 
    sumber gambar : http://lizwana.blogspot.co.id/2012/07/gambar-background-blog.html
  • Sering-seringlah melakukan blogwalking, atau mengunjungi blog lain. Tinggalkan komentar dan juga sisipkan link kita agar dikunjungi kembali. Tapi jangan hanya meminta kunjungan tanpa memberikan komentar yang sesuai. Berkunjunglah secara sopan dan tidak meninggalkan komentar yang menyinggung.
  • Buatlah artikel blog dengan tema yang aktual. Misalnya, membuat tulisan opini kita terhadap pemilu presiden dan lain-lain. Tapi yang paling penting adalah konsisten menulis tema yang disukai atau dikuasai.
  • Posting tulisan secara rutin, minimal seminggu sekali untuk blogger pemula. Seiring berjalannya waktu tingkatkan kuantitas dan kualitas tulisan kita tentunya. Biasanya saya minimal posting seminggu dua hingga tiga kali.  Gunakan bahasa yang kita sukai. Raditya Dika adalah blogger yang sukses dengan gaya bahasa kocaknya.
Hal-hal di atas semoga bisa membantu buat kamu yang sedang belajar ngeblog. Niatkan menulis untuk menginspirasi ya, semoga bermanfaat. ☺☺☺
 

2 komentar

Saifuddin Syadiri mengatakan...

Terimakasih..... Nice Writing.....

Gembs Journal mengatakan...

blog sdh masuk wilayah publik jadi harus berkualitas walau sebagai expresi kreatifitas pribadi kritik pasti ada pilih saja yang fair....