Friday, 6 January 2017

Pekerjaan Freelance yang Bisa Dilakukan Mahasiswa



Sebentar lagi ongkos BBM dan pajak kedaraan bermotor akan naik. Biasanya tak lama kemudian biaya lainnya pun ikut membengkak seperti tarif PDAM dan PLN. Efeknya tak hanya kenaikan harga bahan kebutuhan pokok, tetapi juga kebutuhan akan hunian yang layak juga akan semakin sulit. Buat anak kuliahan yang tinggal jauh dari orang tua, kenaikan harga barang-barang disambung  naiknya harga kos pasti membuat kepala pusing. Mau minta orang tua, nggak tega tapi kalau diam saja bisa-bisa puasa tiap hari nih dan makan mi instan sampai lulus.

Jujur saya iri karena kesempatan anak kuliahan untuk menambah penghasilan saat ini sudah lebih bervariasi. Berbagai macam profesi baru bisa dilakukan bahkan dapat diciptakan agar kebutuhan hidup terpenuhi. Krisis ekonomi menuntut kita agar belajar lebih bijak menggunakan uang serta lebih bijak dan juga lebih kreatif. Kalau zaman dulu, bekerja sambil kuliah harus dibagi dalam waktu yang tidak fleksibel, sekarang menambah uang secara freelance bisa dilakukan bahkan hanya bermodalkan gadget. Daripada gadget dipakai menulis status galau melulu, kenapa tidak diberdayakan menjadi sarana menambah rezeki?


Dari pengalaman pribadi zaman kuliah dulu hingga sekarang bekerja di sebuah perusahaan, saya masih memiliki pekerjaan freelance sesuai dengan passion. Pekerjaan freelance ini tidak mengganggu pekerjaan utama serta tugas utama sejak masih kuliah. Apa saja sih pekerjaan freelance yang bisa dilakukan mahasiswa?

1.       Penerjemah freelance


Ini eranya globalisasi. Sudah nggak zamannya lagi kalau kita tidak bisa berbahasa Inggris dengan baik. Dengan gembar-gembor MEA yang gaungnya sudah terdaftar sejak tahun lalu, bahasa asing menjadi salah satu hal penting untuk dikuasai. Bagusnya lagi  mulai sekarang belajarlah satu atau dua bahasa asing selain Inggris, misal Jepang dan Mandarin. Saat masih menjadi mahasiswa, saya sering menerjemahkan naskah dari bahasa Jepang ke bahasa Indonesia, bahkan saya juga pernah di-hire untuk menjadi penerjemah di sebuah event internasional yang dilakukan di desa kelahiran saya. Tak harus menjadi mahasiswa sastra untuk belajar bahasa asing. Di Google Playstore, banyak sekali aplikasi yang dapat membantu kita belajar bahasa asing. Dengan ketekunan dan niat kuat pasti kita bisa.

2.       Content writer
Kemampuan menulis bagi seorang mahasiswa itu wajib hukumnya. Tidak harus piawai merangkai kalimat indah atau membuat novel, cukup berlatih untuk menulis artikel yang baik agar dapat dikontrak menjadi content writer. Saat ini banyak sekali situs-situs dengan tema-tema tertentu yang membutuhkan kontributor. Dan para kontributor tersebut juga dibayar. Mulailah bergabung di grup-grup kepenulisan, berteman dengan blogger-blogger profesional dan mulai berlatih dengan menulis di blog pribadi. Saya dulu pernah menjadi tim penulis situs Anne Ahira. Kini selain mengelola blog pribadi, saya juga telah mendapat proyek menulis di situs lain.

3.       Admin web atau socmed
Hobi bikin status di socmed dan punya banyak akun socmed? Coba deh menjadi admin website. Saat ini banyak sekali situs atau grup yang membutuhkan orang yang tidak jauh dari gadget dan sering online untuk mengelola. Misalnya, grup penebit indie atau fanpage blog. Tugas admin web adalah menyampaikan info-info terbaru serta menjaring follower baru di website.

4.       Jualan online
Kalau suka shopping, kenapa sekarang nggak berlatih menjadi penjual? Kamu bisa jadi reseller atau malah membuka bisnis online sendiri. Kalau nggak punya modal, sekarang ada alternatif baru yaitu menjual online dengan sistem dropship. Dropshipper hanya memasarkan produk dan kalau ada pembeli yang tertarik, bisa melakukan transaksi tanpa kita harus menyetok barang.

5.       Vlogger 
Video blogger itu mirip  blogger hanya diterjemahkan melalui video. Kamu bisa memberi tutorial singkat kosmetik, fashion dan lain-lainnya lewat instagram atau blog. Kalau kita rutin menjadi vlogger untuk satu tema dengan kualitas baik, brand akan meminta kita untuk mengiklankan produknya.

6.       Fotografi 
Punya kamera atau smartphone dengan kualitas foto yang ciamik? Manfaatkan saja untuk mengasah kemampuan fotografi. Foto-foto yang kita ambil, bisa kita unggah di instagram dengan hashtag tertentu. Kalau kita rajin, bisa jadi ada brand yang minta foto produknya dan kita dibayar tentunya. Ada banyak food photographer sukses yang mengawali karirnya dengan rajin posting foto makanan, tentunya foto yang diposting sudah diatur sedemikian rupa sehingga enak dipandang. Kemampuan fotografi juga bisa dimanfaatkan untuk bergabung di sebuah agency atau vendor pernikahan.


7.       Buzzer dan blogger
Menjadi blogger adalah salah satu hal yang membuat saya semakin bersemangat menulis. Pertama-tama, blog harus terus diisi agar terus update. Tulis saja hal-hal yang kita sukai. Kalau saya masih menulis dengan tema gado-gado, tetapi alhamdulillah justru karena tema bermacam-macam, kontrak kepenulisan di website lain bisa saya peroleh. Blog bisa jadi portofolio tulisan. Review produk, review wisata dan buku yang saya tulis di blog juga membawa saya ke banyak job. Bisa makan gratis dan dibayar itu asyik sekali. 


Punya hobi nge-tweet dan rajin pasang status, coba alihkan hobi itu bukan untuk nyepam namun menjadi buzzer. Buzzer adalah orang yang menulis status untuk promosi sebuah acara atau produk. Klien akan memberikan brief singkat, dan kita tinggal mengolahnya menjadi status atau tweet dengan jumlah tertentu sesuai permintaan.


Itulah beberapa pekerjaan freelance yang bisa dilakukan mahasiswa. Tidak terlalu menyita waktu dan masih sangat dekat dengan kehidupan gaul kita. Manfaatkan gadget dan socmedmu untuk belajar dan mengasah kemampuan baru.

6 comments:

  1. Almost all of the list pernah saya lakukan juga sih :D

    ReplyDelete
  2. kalo dilakukan dengan konsisten semuanya bisa menghasilkan

    ReplyDelete
  3. Kuncinya cukup tekun dan tidak terlalu berharap lebih, setidaknya cukup untuk meringankan biaya sewaktu kuliah atau hanya sekedar menambah uang jajan. Salam kenal :D

    ReplyDelete
  4. hoho makasih info ny bermanfaat bgt haha.
    mampir ke tulisan ini jg ya Pariwisata Seru makasih

    ReplyDelete

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^