Saturday, 8 July 2017

Tips Menggaet Job Menulis di Website Freelancer




 Menulis bisa menjadi sumber penghasilan yang cukup menggiurkan. Saya saja yang saat ini bekerja sebagai pegawai kantoran, masih berusaha untuk menulis buku serta artikel. Apakah saya serakah? Hmm, tentu tidak. Saya sadar jika sebagai perempuan, akan ada masanya  mengalami cuti bekerja kantoran, entah karena harus mengurus keluarga atau cuti melahirkan misalnya. Menjadi perempuan yang terbiasa memiliki penghasilan sendiri, lalu mendadak harus diam tanpa karya adalah sebuah hal yang sulit saya bayangkan. Menulis bisa menjadi salah satu alternatif untuk tetap berkarya sekaligus memperoleh rezeki.

Ditambah lagi, lewat dua passion saya, menulis dan bahasa asing, juga menjadi penolong utama di saat saya membutuhkan dana di tahun terakhir kuliah. Dengan menekuni dunia penerjemahan dan menjadi content writer, saya tak kebingungan untuk mengumpulkan dana bimbingan skripsi hingga wisuda.

Sudah banyak bermunculan website lokal maupun internasional yang membantu para freelancer. Mungkin anda mengenal situs Freelancer.com atau untuk lokal seperti projects.co.id dan sribulancer.com. Job menulis artikel, desain, penerjemahan dan masih banyak lagi, dapat menjadi sumber penghasilan tambahan untuk  freelancer. Tetapi beberapa teman sesama penulis curhat kepada saya, kenapa bid atau penawaran mereka jarang dilirik calon klien ya? 


Saya sudah beberapa kali memperoleh job menulis dari projects.co.id dan juga dari grup blogger. Nah, kali ini akan saya bagi beberapa tips untuk membuat penawaran yang menarik klien hingga sukses direkrut untuk mengerjakan project.

1. Lengkapi profil
Seorang owner project tentu tidak ingin jika ia bekerjasama dengan seseorang yang track recordnya tidak jelas. Gunakan foto profil yang jelas, tidak bergaya alay dan isi semua data mengenai skill secara jelas. Tak perlu mencantumkan alamat lengkap, namun deskripsikan kemampuan anda seperti berbahasa asing, skill menulis/desain web, dan lampirkan portofolio karya.

2. Be confident with your main skill
Jika ingin menjaid freelancer profesional, anda juga harus memiliki jam terbang yang cukup sehingga klien bisa mempercayakan proyeknya. Saya selalu berusaha update tulisan di blog. Hal-hal yang menarik minat akan saya tulis di blog dari soal opini, fiksi, review film, review kuliner atau sekadar catatan renungan. Saya labeli sendiri-sendiri tiap kategori tulisan. Saya juga terus membaca untuk menambah pengetahuan. Nah, dari situlah saya percaya diri untuk mencoba bid di project penulisan artikel. Contoh tulisan di blog menjadi portofolio saya yang sejauh ini sering menarik minat owner untuk berdiskusi lebih lanjut hingga project tersebut berhasil saya peroleh.

3. Gunakan bahasa profesional
Meskipun owner project bukanlah perusahaan atau instansi resmi dan lebih sering perorangan, anda tidak boleh menggunakan bahasa alay, jangan menggunakan singkatan tak resmi serta sok akrab. Saya akan menyapa singkat secara formal, memperkenalkan diri serta pekerjaan secara singkat lalu langsung menjelaskan portofolio tulisan.
Contoh saat saya mengajukan bid di project penulisan artikel wisata.

Selamat Pagi
Perkenalkan, saya Reffi Dhinar dari Sidoarjo. Saya adalah seorang penerjemah bahasa Jepang, blogger, penulis buku dan content writer. Saat ini saya aktif menulis di blog saya www.wordholic.com. Berikut ini beberapa link tulisan di blog  yang berkaitan soal traveling,

www.......
www........
 
Besar harapan saya agar kita dapat bekerjasama. Link artikel tersebut bisa menjadi referensi anda. Terima kasih 
 
4. Jangan asal memberikan portofolio yang kurang sesuai
Kalau anda banyak menulis tentang politik, jangan mencantumkan link tulisan berbau politik untuk project artikel relationship. Amat sangat tidak nyambung. Jikalau anda tertarik dengan sebuah project, namun anda tidak memiliki karyanya, maka buatlah. Contohnya, anda jago menulis dan mendesain blog, namun selama ini tidak sempat mempublikasikan karya desain blog pada orang lain, maka gunakan saja contoh desain yang tersimpan di laptop sebagai portofolio. Atau misal anda belum pernah menerjemahkan artikel bahasa Inggris ke bahasa Indonesia tapi anda yakin dengan kemampuan anda, maka ambil satu artikel bahasa Inggris lalu segera terjemahkan. Lampirkan hasil karya anda yang baru dibuat sebagai bahan menarik minat calon klien.


artikel di wisatawan.id yang saya dapat di projects.co.id

5. Disiplin dan tidak mudah putus asa
Saya mendapat job di projects.co.id setelah setahun bergabung. Hal itu terjadi karena saya kurang rajin menawarkan bid serta mudah putus asa. Teruslah menambah portofolio karya, rajin menawarkan bid, tidak mudah menyerah meski sering ditolak. Jika sudah mendapat project, kerjakan secara profesional serta tepat waktu sehingga klien akan memberikan rating tinggi. Rating tersebut akan menjadi poin anda yang menambah nilai bagus sebagai anggota freelancer berkompeten.


artikel saya yang di-hire klien di blog.singmuni.com

Tertarik untuk menekuni dunia freelancer? Pekerjaan ini dapat menjadi pekerjaan utama bila anda disiplin. Buat yang mahasiswa dan ibu rumah tangga, akan sangat membantu menambah pundi-pundi receh yang cukup lumayan. Jangan berhenti berkarya ya!

10 comments:

  1. TFS mbak reffi..berguna sekali bagi pemula yang ingin mengembangkan kemampuan :)
    Salam kenal.

    ReplyDelete
  2. Kereennn bisa menulis artikel bahasa asing itu banyak dicari situs internasional ya mba. Sukses terus..

    ReplyDelete
  3. Terima.kasih sudah memberi pencerahan untuk bloger pemula seperti saya.

    ReplyDelete
  4. Nah iya, aku jadi kepikiran untuk mulai memperbaiki protofolio
    Thanks sharingnya

    ReplyDelete
  5. mantap mbak.. apapun itu salah satu kunci utamanya, disiplin.. makasih mbak

    ReplyDelete
  6. Makasiih sharingnyaaa mbak reffi. . Bermanfaaat banget. Salam kenal mbak 😀

    ReplyDelete
  7. Apa bisa yakan blog emak-emak saya? Wkwkwk.. ngayal nih

    ReplyDelete
  8. All: makasii sudah berkunjung di blog saya :)
    Mbak Sri Mulyani: blog siapapun bisa kok mbak jadiportofolio :D

    ReplyDelete
  9. Terima kasih kak, informasi ini sangat berguna.

    ReplyDelete

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^