Sunday, 4 February 2018

Cara Pintar Memilih Apartemen


Tinggal di kota besar itu membutuhkan tips dan trik agar bisa survive. Jika anda tinggal di kota besar untuk bekerja terutama, maka memilih hunian tinggal juga membutuhkan strategi tersendiri. Jika  masih hidup lajang, mungkin memilih tempat tinggal yang tak terlalu besar, asal bersih dan nyaman pasti akan lebih mudah ketimbang jika anda sudah berkeluarga.  Padatnya perkotaan dan juga tanah yang terbatas seringkali membuat biaya kontrak atau membeli tempat tinggal menjadi melambung. Nah, jika anda berniat untuk memiliki hunian sekaligus ingin berinvestasi, maka membeli apartemen bisa menjadi salah satu pilihan.

 Ada beberapa hal yang harus dicermati agar anda bisa memilih apartemen dengan cermat.

1. Pelajari track record penyedia  apartemen
Akhir-akhir ini banyak terjadi kasus penipuan berkedok perumahan yang sudah merugikan pembeli. Tak hanya perumahan, apartemen juga umumnya menggunakan jasa developer untuk melakukan penjualan. Anda wajib menyelidiki latar belakang dan track record developer apartemen sebelum deal soal pembelian. Anda bisa juga mengecek di Asosiasi Perhimpunan Penghuni Rumah Susun Seluruh Indonesia (APERSSI). Jika sebuah developer memiliki rekam kerja buruk seperti menelantarkan apartemen yang belum jadi misalnya, maka sebaiknya anda berpikir ulang sebelum membeli.

2. Periksa surat kelengkapan bangunan
Jika anda hendak membeli apartemen untuk tempat tinggal, maka pastikan juga seluruh dokumen kepemilikan tak ada masalah. Baik membeli rumah atau apartemen pada developer, perlu ditanyakan  surat HGB (Hak Guna Bangunan), surat izin prinsip developer dalam membangun kompleks apartemen, IMB (Izin Mendirikan Bangunan) dan SIPPT (Surat izin Penggunaan Peruntukan Tanah). Jangan sampai setelah membeli ternyata dokumen-dokumen tersebut bermasalah atau malah tidak diterima. Pastikan sebelum membeli.


3. Mengenali kebutuhan 
Bagaimana jika dana yang dimiliki masih belum cukup untuk mencicil apartemen? Anda bisa menyiasatinya dengan menyewa. Sewa apartemen murah sudah mudah ditemukan di dunia maya. Anda juga bisa mencari informasi melalui iklan baris surat kabar. Kenali kebutuhan sebelum menyewa apartemen contohnya apakah lokasinya ingin dekat dengan tempat kerja, akses ke jalan raya seperti apa dan fasilitas yang ingin didapat penghuni di dalam apartemen.

4. Faktor keamanan
Menyewa apartemen tak hanya dalam hitungan bulan atau tahun. Fasilitas sewa apartemen harian juga disediakan oleh pihak ketiga atau agen apartemen. Jika anda memiliki apartemen, maka menyewakan apartemen juga dapat menjadi bisnis yang menggiurkan. Namun perhatikanlah tingkat keamanan apartemen baik di lingkungan dan di dalam. Cek sistem penjagaannya dan juga CCTV di dalam apartemen.


Inilah beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk membeli atau menyewa apartemen. Pintar-pintarlah sebelum menyetujui perjanjian dengan developer. Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^