Wednesday, 4 April 2018

5 Tools Menjadi Orang Sukses



Siapapun kalau ditanya ingin jadi apa, jawabannya beragam, namun intinya adalah INGIN MENJADI ORANG SUKSES. Nah, jika mendefinisikan kesuksesan, ingin menjadi orang yang sukses seperti apa? Pastinya, kesuksesan itu harus dijalani dengan cara yang positif dan tidak merugikan orang lain atau bertentangan dengan norma hukum. Betapa banyak orang, contohnya para pejabat tinggi negara kita yang berhasil memegang kekuasaan, sukses menurut kacamata masyarakat, namun ujung-ujungnya tersandung kasus korupsi milyaran sampai triliyunan. Itulah contoh orang-orang sukses yang menghalalkan segala cara dan ingin cepat berhasil tanpa proses berlelah-lelah ria.

Ada banyak teori yang bisa diterapkan untuk menjadi sukses. Beragam cara agar cepat kaya, berhasil menembus universitas idaman, menjadi pribadi yang lebih disukai, dan cara menarik lainnya telah dibahas di banyak buku atau internet. Tapi kadang masih saja kita masih belum bisa menerapkan atau mendapatkan hal terpenting apa yang bisa membimbing langkah menuju kesuksesan.



Dari berbagai tips dan trik ada beberapa tools penting dan mendasar agar kita menjadi magnet bagi kesuksesan.
·         Memiliki goal yang jelas
Tak hanya ingin sekadar menjadi sukses, tapi kita harus bisa menentukan secara spesifik apa dan seperti apa yang ingin kita capai. Mulailah dari hal sederhana, misalnya ingin menurunkan berat badan. Jangan hanya berangan-angan ingin tubuhnya semacam Jennifer Lopez saja, tapi konsultasikanlah dengan ahli gizi atau dokter Anda (jika Anda memang obesitas), lalu pilih diet yang tepat.

Tentukan goal ingin turun berapa kilo dalam beberapa bulan. Buatlah goal yang masuk akal. Goal besar itu lalu dipecah menjadi goal bulanan, kemudian diturunkan kembali menjadi goal harian. Misalnya, mengurangi jatah nasi putih dan mengganti dengan nasi merah dan berolahraga dua puluh menit sehari. Merasa sibuk? Olahragalah di rumah dengan bangun lebih pagi. Ada banyak video yang bisa diunduh mengenai cara berolahraga di rumah tanpa harus pergi ke gym. Kuatkan tekad dan tulis pencapaian harian hingga membuat diri kita bangga. Terapkan cara itu untuk mencapai impian yang lain.

·         Seni berkomunikasi
Siapapun tak peduli orang itu pendiam, pemalu atau introvert bisa menjadi komunikator ulung. Komunikasi itu sangat dibutuhkan agar kita bisa menjalin relasi bisnis yang baik, memiliki kualitas hubungan yang oke atau mendapatkan kesempatan untuk unjuk kebolehan. Orang yang sukses adalah orang yang paham untuk berkomunikasi dengan orang lain sesuai kepribadian masing-masing. Tak hanya soal berbicara, namun juga bagaimana kita mendengarkan orang lain. Menurut banyak penelitian dan pendapat, kita berbicara secara verbal hanya sekitar 10 sampai 20%, sisanya dikomunikasikan dari gerak tubuh dan mimik wajah.

Jika ingin memikat lawan bicara dan bisa membuat pendapat kita didengar hingga disetujui, kemampuan berkomunikasi ini wajib kita miliki. Tetapi jangan untuk digunakan sebagai alat manipulasi ya.

·         Leadership
Seorang leader yang baik bisa membimbing timnya atau orang lan yang bekerjasama dengannya dalam hubungan yang harmonis untuk mencapai tujuan bersama. Jiwa leadership ini penting apalagi jika Anda ingin memiliki perusahaan atau bisnis sendiri yang nantinya pasti akan membutuhkan bantuan orang lain. Atau bisa jadi Anda menjadi leader dari sebuah event di perusahaan serta komunitas? Leadership itu tak hanya soal memimpin dan membina tetapi juga tahu caranya untuk mendistribusikan tugas sesuai visi misi yang sudah dibuat. Menjadi orang tua yang oke juga harus belajar soal leadership, lho. Jadi semua ini penting untuk segala hal di hidup kita.

·         Curiousity
Rasa ingin tahu atau curiousity itu akan mendorong kita agar mau terus belajar. Semakin banyak hal kita pelajari, maka kita menjadi merasa tidak tahu banyak. Jika sudah memiliki goal yang spesifik dan rentang waktu yang dicanangkan, tekuni dengan membaca banyak buku, mengikuti kelas atau mencari sumber di internet soal passion yang kita dalami.

·         Good attitude
Empat hal di atas sudah kita miliki namun bagaimana kalau tingkah kita menyebalkan? Hmm, pasti orang lain akan malas berurusan dengan kita. Padahal untuk menjadi sukses, kita harus memiliki kualitas hubungan yang baik. Attitude adalah hal terpenting. Kita akan mudah membuka kesempatan baik dan semakin dekat dengan kesukesan jika bersikap rendah hati dan mau menerima kritik serta saran tanpa mengecam.

Itulah lima hal yang menurut saya menjadi hal mendasar agar kita bisa menjadi daya tarik kesuksesan.  Saya pun masih terus belajar agar bisa menjadi magnet kesuksesan, salah satu caranya adalah mengikuti kelas soft skill. Kelas soft skill yang  menurut saya oke yaitu diprakarsai oleh Upgrade Learning Center di Surabaya. Penekanan pembelajarannya tidak pada teori saja, tapi bagaimana kita bisa meng-upgrade diri supaya bisa mendapatkan hasil yang diinginkan.


Saya telah mengikuti beberapa kelasnya dan masih akan mengikuti kelas yang belum sempat saya ikuti di batch sebelumnya. Insight mengenai tools dalam menjadi diri kita lebih berdaya dan sukses diajarkan lewat sharing yang menarik. Suasana kelasnya santai, friendly dan jumlah peserta yang tak terlalu banyak di tiap kelas membuat saya bisa lebih fokus. Dan hasilnya memang tak terlihat secara kasat mata, namun ada wawasan yang saya ketahui untuk mencapai goal yang saya idamkan meski untuk hal-hal kecil.

sumber foto: IG @upgrade_now 


Jika tertarik untuk belajar, ikutilah kelas terbarunya dengan mengunjungi akun instagram @upgrade_now. Selamat belajar! 

No comments:

Post a Comment

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^