5 Profesi yang Butuh Kemampuan Menulis


tips menulis blog kata reffi


Menulis adalah salah satu kemampuan dasar yang dibutuhkan tiap orang untuk bekerja. Kalau Anda masih sangsi, coba menjelajahlah ke toko buku dan berselancar di internet. Betapa banyak tips dan trik agar orang bisa menulis email bisnis, membuat presentasi dan karya ilmiah. Terbukti jika menulis merupakan skill dasar yang harus dipelajari tak hanya oleh pelajar tetapi juga semua kalangan.

Dan di dunia serba digital ini, mulai bermunculan alternatif pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah, hanya bermodal internet, dan bisa mendapatkan rezeki. Semuanya tidak jauh dari menulis. Ingin tahu apa saja profesi itu? Coba simak uraian di bawah ini.


 1. Penerjemah Naskah
 Skill utama seorang penerjemah memang harus bisa menguasai bahasa asing tertentu, tetapi kemampuan lainnya adalah mampu merangkai kata yang enak dibaca. Jika seorang penerjemah hanya mampu mengalihbahasakan per kata tetapi tidak mampu menafsirkannya menjadi kalimat yang pas, maka sudah bisa dikatakan hasil terjemahannya jelek. Banyak penerbit yang butuh penerjemah freelance dan pekerjaan ini bisa dikerjakan dari mana saja. Kemampuan menulis dengan struktur kalimat yang baik, akan menjadi modal yang bagus untuk seorang penerjemah.

tips menulis blog kata reffi
sumber: gifer.com


2. Blogger
Tentu saja blogger harus punya skill menulis. Asal bisa SEO dan adsense saja, bukan jaminan konten blog berkualitas. Pernah membaca artikel blog yang berada di halaman awal Google tapi waktu dibaca malah membuat pening? Konten yang baik adalah kunci agar blog kita bisa mendatangkan klien serta bisa lebih bermanfaat bagi pembaca.


tips menulis blog kata reffi
sumber: gifer.com


3. Buzzer
Buzzer adalah pekerjaan untuk menggaungkan sebuah produk lewat rangkaian status atau tweet. Biasanya buzzing dilakukan di twitter dan instagram dengan hashtag tertentu. Buzzer akan membuat postingan dengan bahasa sehari-hari dan membuat cerita berkaitan sebuah produk.

 4. Copywriter
 Membuat kalimat-kalimat promosi dengan teknik copywriting yang bagus tentunya butuh latihan. Malah saat ini copywriting juga dilakukan lewat blog, contohnya membuat artikel tentang produk lewat cerita traveling. Menulis artikel soft selling juga salah satu teknik bagus untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa.

 5. Pekerja
 Pekerja ini bisa saja karyawan kantor atau freelancer apapun seperti freelance designer dan lainnya. Kemampuan menulis proposal, email bisnis dan business pitching (apalagi bagi kaum freelancer yang ingin mencari klien) mutlak diperlukan. Cara pemilihan kata supaya meyakinkan tapi tetap sopan dan pengolahan data sebagai bahan tulisan itu juga perlu dipelajari.

tips menulis blog kata reffi




Itulah beberapa profesi yang membutuhkan skill menulis. Saya memiliki kawan di kantor yang pusing tiap kali diminta membuat laporan mingguan karena dia merasa sulit merangkai kata. Nah, rajinlah menulis apa saja dari sekarang supaya bisa menaklukkan segala jenis pekerjaan yang berkaitan dengan tulisan.

You Might Also Like

5 comments

  1. penerjemah masih sih tapi masih belum jago, blogging juga hanya sekedar hobby, kayaknya lebih tertarik sama copy writing tertutama periklanan gitu.

    ReplyDelete
  2. Menulis sekarang harus dikuasai, karena menulis status yang terlihat sepele pun juga harus belajar. Haha. Keculai nulis quote nyontek lewat buku XD.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha,,,,tetep menulis apapun dan di manapun :D

      Delete
  3. Banyak profesi yang mengharuskan bisa menulis ya, apalagi blogger.

    ReplyDelete

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^