Mewujudkan Hasrat dan Tetap Waras Lewat Blog

tips blog kata reffi

Menulis itu memang bisa menjadi katarsis dan melegakan jiwa. Kalau kata para ahli karena kita bisa menuangkan semua kegelisahan dan juga kenangan buruk lewat tulisan. Menulis telah mewujudkan banyak impian dan hasrat terpendam saya. Dan setelah ganti-ganti alamat domain karena lupa pasword email atau bosan, pada 2013 saya memutuskan untuk lebih serius ngeblog.

Sebelum ngeblog, saya rutin menulis di buku diary atau jurnal. Lalu setelah mempunyai laptop, menulis di buku diary atau jurnal rasanya kurang asyik. Ada bagian diri saya yang kurang puas jika hanya membaca tulisan-tulisan itu sendirian. Lalu dimulailah perjalanan blog Kata Reffi yang dalam perjalanannya hingga kini, membukakan kesadaran saya akan banyak hal mengapa akhirnya setia untuk terus menulis di blog.


Bisa Berinteraksi Langsung dengan Pembaca
Merry Riana, Mario Teguh dan pembicara inspiratif lain yang sering saya tonton di channel Ted Talk membuat saya berhasrat ingin menjadi motivator. Ada yang menyarankan saya untuk membuat channel Youtube lalu mulai bicara di sana. Tetapi, meski saya sering didapuk menjadi MC, merekam diri sendiri untuk menjadi motivator masih menjadi momok buat saya.

Tips menulis blog


Maka lewat tulisanlah saya bisa berbagi banyak hal, entah itu motivasi atau tulisan sederhana lainnya. Perlahan blog Kata Reffi memiliki banyak pembaca. Dari yang meninggalkan pesan di kolom komentar sampai curhat di email setelah membaca artikel blog menjadi hal yang biasa. Hei, tanpa harus berbicara di atas panggung, saya bisa menebarkan inspirasi. Kadang malah saya yang belajar lagi dari komentar yang sifatnya saran atau kritik dari pembaca. Blog menjadi ruang diskusi digital yang berharga buat saya.

Melatih Disiplin
Saya adalah tipe penulis yang tidak bisa berhenti terlalu lama. Misalnya baru saja menyelesaikan tulisan novel yang butuh satu sampai dua bulan, biasanya hanya istirahat sebentar baru akan menulis lagi. Masalahnya, kalau tidak ada paksaan untuk menulis dan terlalu lama istirahat, bisa-bisa masa libur akan membuat saya keenakan untuk tidak menulis. Bahaya!

Tips menulis blog
Saya Harus Terus Menulis 


 Lalu lewat blog saya bisa terus disiplin menulis tentang hal-hal yang berbeda namun sesuai minat. Mau membahas film, buku, keluhan akan kehidupan yang penuh tantangan ini atau berbagi catatan perjalanan, bisa saya tuangkan di dalam blog. Disiplin menulis pun tetap terjaga.

Supaya Tetap Waras
Asyiknya ngeblog itu membuat pikiran saya sibuk dan terus-menerus belajar hal baru. Saya adalah tipe perempuan dengan tingkat curiosity tinggi. Jika tidak ada proyek menulis atau hal baru yang menarik untuk dipelajari, wah isi kepala ini bisa bosan. Kalau bosan terus dipupuk menjadi jenuh, lama-lama saya merasa tertekan.

Tips menulis blog
Membaca Buku Saja Bisa Jenuh 

Membaca buku hanya menyelamatkan sejenak, lalu jenuh akan datang lagi. Ngeblog membuat saya belajar sedikit-sedikit tentang SEO, Webmaster, Analytic, mengulik template blog yang warna-warni sesuai selera. Untuk belajar blog saya membeli buku dan ikut workshop. Hasil belajar dari berbagai sumber akan saya aplikasikan pelan-pelan di blog. Dunia digital yang terus berkembang membuat saya terus berusaha update.

Menambah Rezeki
Setelah setahun ngeblog, pada 2014 saya mulai berpikir untuk menambah rezeki dari blog. Membeli nama domain adalah langkah pertama saya agar lebih serius untuk me-monetize blog. Namun rupanya kepala saya pusing ketika berhadapan dengan ragam bahasa koding dan Adsense. Saya hanya kuat memperbaiki konten.

Tips menulis blog
Source: unsplash.com (@rawpixel)


Setelah menang kompetisi One Day One Article di Indscript Creative sebanyak dua periode, mulailah job review itu saya terima. Tanpa terasa kini sudah banyak brand yang minta produknya direview atau membuat artikel dengan tema pesanan klien. Saya juga menerima job mengisi konten blog orang lain. Konten kini menjadi kunci utama saya untuk menarik pembaca sekaligus klien.


Dengan beragam manfaat yang saya rasakan, saya harap ngeblog menjadi salah satu hobi yang makin dilirik banyak orang. Blog adalah media yang kini makin sering dijadikan rujukan pembaca dalam mencari tips dari hal ringan sampai urusan membuat dokumen juga bisa didapat. Harapan saya, semoga blogger makin cerdas dalam membuat postingan, tidak mudah membuat artikel hoax dan terus menebarkan inspirasi lewat ranah digital.

Ngeblog telah membuka jalan buat saya untuk mewujudkan impian-impian lainnya. Saya bisa menjadi inspirator lewat blog, mendokumentasikan hal-hal yang saya sukai di dalam blog, hingga memperoleh rezeki tambahan yang lumayan. Kalau saja lima tahun lalu saya tidak nekat untuk serius ngeblog, mungkin saat ini saya hanya menjadi netizen nyinyir yang rajin update status di medsos ketika sedang tidak menulis novel. Blogging is the essential part of my life now!

You Might Also Like

4 comments

  1. Jadi hobi yang menghasilkan ya mba. Senengnya nulis itu karena kita bisa berbagi pengetahuan sekaligus sharing juga. Terus menulis ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, ,, nggak bakal lekang dimakan zaman buat profesi penulis 😁

      Delete
  2. setuju banget kak bahwa kita lebih disiplin dan waras yess hehe

    ReplyDelete

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^