Thursday, 3 March 2016

Hal-hal Yang Membuat FAM Indonesia Layak Diikuti



Anda suka menulis? Saat ini banyak sekali orang-orang yang jatuh cinta dengan aktivitas menulis karena berbagai hal. Ada yang beralasan ingin populer seperti penulis favoritnya, ada yang bercita-cita ingin menjadi penyebar manfaat lewat tulisannya, atau alasan sederhana seperti sekadar menuangkan isi hati. 

Nah, menjadi seorang penulis itu butuh banyak tahapan. Tiap penulis terbaik pun punya resep khusus dalam menulis, namun kita punya cerita sendiri yang pasti memiliki perbedaan. Jangan samakan, yang perlu kita ingat, penulis kelas wahid itu dulunya juga pernah menjadi amatir.

Penulis pemula kadangkala memiliki semangat ,menulis yang masih naik turun. Dorongan semangat dari sesama penulis pemula atau senior sangatlah dibutuhkan. Itulah sebabnya, komunitas menulis menjadi wadah yang tepat bagi para penulis yang ingin belajar, sharing dan saling memberikan semangat. Forum Aktif Menulis Indonesia atau sering disingkat FAM Indonesia, adalah salah satu komunitas menulis yang layak diikuti para penulis dari berbagai tingkatan dan juga bermacam-macam latar belakang.

Apa sih yang membuat FAM Indonesia layak diikuti?

1. FAM Indonesia tersebar di berbagai kota
FAM adalah komunitas menulis yang banyak tersebar di kota-kota besar seluruh Indonesia. Komunitas yang dipimpin Muhammad Subhan dan didampingi Sekjen FAM Aliya Nurlela ini, memberikan kemudahan bagi siapapun yang ingin menjadi anggota. Bahkan jika di kota anda belum ada kepengurusan FAM, tinggal cari saja beberapa anggota dengan semangat menulis yang sama, bentuk keanggotaan dan ajukan permohonan ke FAM pusat.

2. FAM mendorong aktivitas penulis untuk menerbitkan buku
Sudah banyak komunitas menulis bermunculan di dunia maya atau nyata. FAM adalah komunitas yang mewadahi anggotanya untuk beraktivitas literasi di dunia nyata atau kopi darat. Asyiknya lagi, FAM rutin mengadakan event antologi yang bisa menerbitkan karya cerpen, puisi, atau artikel dari para anggota dan non-anggota. FAM juga mempunyai divisi penerbitan indie dengan kualitas cetak yang bagus. 

karya antologi kisah inspirasi FAM Surabaya


3. FAM selalu mendorong anggotanya untuk menyebarkan semangat literasi
Meskipun tersebar di banyak kota, FAM tak pernah putus mendorong anggotanya untuk mengadakan kegiatan penumbuh semangat literasi. Seperti FAM cabang Surabaya yang rutin mengadakan kopdar sekaligus menyelenggarakan event seperti lomba menulis cerita anak tanggal 28 Februari lalu.Kaderisasi generasi muda untuk mencintai dunia literasi adalah salah satu misi yang diusung FAM cabang Surabaya, selain karya berkualitas dari para anggotanya yang sudah dibukukan di FAM Publishing.

4. Kawah candradimuka penulis terutama bagi pemula
Event dan lomba menulis yang diadakan FAM Indonesia selalu mendorong munculnya banyak penulis baru yang terasah talentanya. Bagi penulis senior juga bisa membagikan ilmunya dalam forum, kopdar atau bedah buku yang bisa dilakukan dengan kerjasama FAM Indonesia dan pihak terkait.
pemenang lomba menulis cerita anak FAM Surabaya
Karena berbagai manfaat yang ada itulah, maka saya bergabung dengan FAM Indonesia. Selamat ulang tahun FAM Indonesia yang ke-4. Semoga makin sukses dan terus melahirkan generasi penulis berbakat. Salam dari FAMili Surabaya :D

No comments:

Post a Comment

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^