Saturday, 19 May 2018

Bagaimana Mendapatkan Ide Menulis di Tengah Kesibukan



Menulis adalah aktivitas yang menyenangkan. Kita tidak perlu membutuhkan modal besar untuk menulis. Sebagian orang berpendapat, jika dengan menulis maka perasaan akan jauh lebih tenang. Atau jika memiliki ide yang berkelesatan di kepala, maka dengan menuliskannya ide tersebut tidak akan lekas hilang.

Masalahnya, bagaimana jika ide itu tidak kunjung ditemukan? Misalnya, kita ingin membuat cerita fiksi, bagaimana cara menangkap ide yang bagus jika tidak punya stok cerita menarik?

Inilah beberapa cara yang biasa saya lakukan ketika ide menulis mendadak buntu di tengah jalan

 1. Membaca Buku
 Seorang penulis wajib membaca. Pilih bacaan yang menarik hati dan tema bacaan yang jarang kita pilih atau tidak kita suka. Saya lebih senang membaca novel petualangan, fantasi atau thriller serta buku motivasi, namun demi menambah asupan gizi ide, maka sesekali saya beli novel romance yang bagus.

 2. Menonton Film 
Menonton film yang berkualitas akan menggiring kita untuk mempelajari alur cerita, karakter dan ending. Ini sangat bagus untuk membuat sebuah cerita fiksi. Kadang saya memilih untuk menonton film-film pendek di Youtube jika sedang kering ide.


3. Memekakan Kelima Indera
Ini yang paling penting. Pekakan kelima indera ketika kita ada di mana pun. Saat sedang mengobrol dengan tukang sayur, perhatikan cara bicaranya dan gerak-geriknya, itu bisa jadi referensi salah satu tokoh cerita. Ketika sedang naik angkot, coba dengarkan dialog orang-orang di dalamnya. Saat ada sahabat yang curhat, lebih banyaklah mendengar dan serap semua ceritanya.



Ide bisa ditangkap di mana saja, bukan? Segera bawa catatan atau tulis saja di notes smartphone agar ide yang mendadak muncul tidak akan lenyap begitu saja. 

4 comments:

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^