Apa sih enaknya menulis? Itu yang sering dilontarkan oleh orang-orang yang heran melihat kegilaan saya dalam menulis. Saya menjawab bahwa menulis akan memberi kepuasan batin. Lalu orang-orang yang bertanya itu akan mengernyitkan alis sembari berkata heran,"Emangnya nulis bisa bikin kamu kaya?"

Benar, memang menulis tidak akan serta-merta membuat saya berkelimpahan materi. Tapi membaca pengalaman para penulis yang karyanya bestseller dan kaya raya itu, dulunya juga mengalami perjuangan keras dalam mewujudkan mimpinya, membuat saya tidak patah semangat. JK Rowling, terus menulis meski ia tidak memiliki uang, ia seorang pengangguran dan baru saja melewati perceraian. Justru buku fenomenalnya Harry Potter, terbit setelah mengalami penolakan belasan kali. Jelas sekali jika menulis tidak akan menambah harta di awal-awal perjuangan tetapi hasil manis akan diraih jika karya meledak di pasaran.



sumber : rezpected.blogspot.com

Kesenangan menulis itu akhirnya mengalir sampai dunia blog. Awal-awal nge-blog, masih sulit sekali untuk disiplin mengisinya dengan tulisan. Setelah bergabung di komunitas Warung Blogger di facebook, perlahan semangat nge-blog semakin tumbuh. Di tahun 2013, saya mulai menyeriusi hobi menulis saya dengan mengikuti kompetisi dan event menulis. Alhamdulillah, sudah ada dua buku solo yang terbit dan belasan buku antologi. Kemudian perasaan ini tergelitik dengan prestasi kawan-kawan blogger yang bisa mendapatkan buku menarik, hadiah keren sampai uang tunai yang wow jumlahnya hanya dengan memenangkan kontes blog. Bahkan sudah banyak juga yang bisa menghasilkan uang secara rutin tiap blognya dari posting artikel di blog prbadinya.

Menulis seperti belajar naik sepeda. Komitmen dan disiplin sangat dibutuhkan agar tulisan kita selesai sampai akhir serta sempurna hasil editingnya. Saat kita naik sepeda, tentu akan sering terjadi peristiwa jatuh dan terluka, begitu pula dalam proses menulis. Tetapi, semakin sering kita berlatih, maka keterampilan akan semakin mahir, salah satu cara agar kita bisa rutin berlatih menulis adalah rajin mengisi blog. 

Selama terjun di dunia blog, sedikit demi sedikit saya berkenalan dengan kawan sesama blogger yang sangat keren-keren. Walau tidak sering memenangkan kontes dan giveaway, keterampilan menulis saya semakin meningkat. Saya menulis artikel non-fiksi dan cerita fiksi di blog tercinta ini. Kini sudah semakin banyak pembaca yang mampir di blog sederhana ini. Yang lebih asyik lagi dengan menulis di blog, saya baru saja merasakan asyiknya mendapatkan pengalaman menjadi jawara penulis artikel di Kompetisi One Day One Article yang diselenggarakan ibu Indari Mastuti, owner Indscript Creative.

Blogwalking di blog kawan-kawan blogger bisa memberikan inspirasi menulis buat saya. Saya juga sangat terhibur dengan tulisan banyol namun cerdas dari blog yang saya baca. Nge-blog juga meningkatkan rasa percya diri. Satu lagi, nge-blog bisa dilakukan oleh siapapun, gratis tapi hasilnya kece. Untuk promosi produk dagang, memberikan tutorial menulis dan teknologi, dan lain-lain  adalah beberapa manfaat di antara seabrek keuntungan nge-blog lainnya.

Yuk, mulai berlatih menulis lewat blog. Menulis itu keren, blogger itu profesi seumur hidup yang tidak menuntut ujian semester. Saya bangga menjadi seorang penulis sekaligus blogger. Blogger is the awesome job forever!! ^0^



sumber : angelaaustria.wordpress.com