Apa maksudnya menulis lewat instagram? Mungkin kita sudah familiar dengan penggunaan instagram sebagai media menyimpan foto-foto koleksi pribadi kita. Tapi sebenarnya dengan memaksimalkan instagram sebagai media foto sekaligus memajang hasil karya, akan lebih banyak menarik animo positif. Bagi pengguna instagram sudah tahu fungsi hashtag bukan? Saat upload foto jangan lupa menuliskan hashtag yang sesuai agar karya kita lebih mudah ditemukan.
 
Saya sudah mempraktekkannya. Karya-karya puisi saya upload bersamaan dengan foto-foto unik yang saya ambil dari berbagai sumber. Apalagi saya sengaja membuat puisi tak hanya dalam bahasa Indonesia tetapi juga bahasa Inggris dan sesekali bahasa Jepang, karena kedua bahasa tersebut sedang saya pelajari. Saya juga memajang tulisan dari blog tumblr dan media lainnya setelah saya screenshot. Senang sekali rasanya setelah mendapat banyak respon positif dari berbagai kawan penulis internasional. Bahkan saya juga diajak langsung penyair bule untuk mengikuti kontes di grup kepenulisan luar negeri, Chromatic Prose. Meskipun tanpa dibayar tapi ini sungguh bagus untuk perkembangan networking saya.

Setelah berlatih menulis lewat instagram, saya berniat untuk mengikuti kompetisi menulis internasional. Tidak ada salahnya untuk mencoba tantangan baru agar kemampuan bahasa dan keterampilan menulis semakin meningkat. Siapa tahu, suatu hari saya bisa go international lewat tulisan. Jangan lupa sertakan hashtag yang tepat ya, contohnya #poem #puisi #sajak #poetry dan lain-lain. Yuk berkarya, jangan cuma foto selfie saja, jangan lupa follow akun IG saya http://instagram.com/reffi_dhinar.