Penyesalan. Kata itu pasti pernah muncul di kehidupan hampir tiap orang. Seperti kamu, aku, dan mereka yang pernah memiliki mimpi lantas memilih untuk tidak mengejarnya.

Apakah mimpi itu? Bisa jadi kau ingin menjadi orang sukses seperti idolamu, kau ingin bersanding dengan dia yang kau idamkan atau cukup dengan mengalahkan ketakutan pada diri. Kita tak bisa mengerdilkan makna mimpi siapapun sebab kadar keinginan pun pasti tak sama.

Namun yang kuketahui, bila penyebab penyesalan sering terjadi bukan karena kegagalan. Kebanyakan karena terlalu percaya diri kemudian acuh pada nasehat, atau malah keraguan yang dibiarkan liar tanpa kendali.

Apa aku takut menyesal? Dulu iya, namun aku melihatnya lebih ramah saat ini. Kenangan akan kegagalan, mungkin sempat menjatuhkan tapi tak akan membuatnya jadi penyesalan. Yang terpenting aku bisa belajar untuk tidak melakukan salah yang berulang.

Aku sarankan, yakini impian indahmu meski ada banyak kemungkinan. Jangan abai pada kesempatan atau kasih yang datang untuk melindungi kita.

Aku pun belajar untuk pandai membaca pertanda, misalnya saja dari rindu yang berpijar dari mata dan suaranya.