Siapa yang tidak kenal dengan penyanyi solo bersuara emas yang lebih dikenal publik dengan nama Raisa? Raisa Andriana, nama lengkap Raisa, kini sangat dikenal sebagai penyanyi dengan ciri vokal yang khas dan lagu yang selalu hits. Wajah cantik, lirik lagu yang selalu mampu menyentuh hati pendengar dan juga suara merdu, menjadi modal yang bagus untuk karir menyanyi Raisa. Namun, ternyata di balik kesuksesan yang diraih saat ini, tersimpan cerita panjang yang tidak mudah. Raisa Andriana tidak memperoleh kesuksesannya secara instan.

Talenta bernyanyi Raisa sudah terlihat sejak ia masih duduk di sekolah dasar. Aktif bernyanyi di paduan suara sekolah, membuat karakter vokal Raisa diperhatikan oleh pelatih paduan suaranya. Karena dinilai tidak memiliki suara yang fals dan mempunyai teknik yang cukup baik, Raisa sering diberi part untuk menyanyi solo. Dari situlah ia terus mengembangkan kemampuan bernyanyinya. Beranjak ke sekolah menengah, Raisa mulai berani untuk unjuk kebolehan di atas panggung secara solo di event sekolah semacam pentas seni atau acara ulang tahun.

Rupanya bakat suara emas yang diperoleh gadis kelahiran 6 Juni 1990 tersebut bisa dibilang menurun dari ibunda tercinta. Hobi menyanyi ibunda rupanya menular pada sang putri, ditambah ibu Raisa suka sekali merekam aksi bernyanyi putrinya. Meskipun banyak orang yang sudah mendukung karir menyanyinya, Raisa tak lantas mudah menembus dapur rekaman. Ia mengembangkan olah vokal sembari terus bersosialisasi dengan rekan sesama musisi. Asta, personel RAN bahkan menawarkan diri untuk menjadi produser albumnya.

Selama proses menuju mimpi karir menyanyi profesionalnya, Raisa tak hanya duduk manis menunggu. Banyak sekali job menyanyi yang ia lakukan selain untuk menambah jam terbang juga untuk menambah penghasilan. Raisa sangat menikmati aktivitasnya karena ia juga bisa menyelesaikan pendidikannya tepat waktu. Di tahun 2011, album pertama Raisa rilis serta meroketkan nama Raisa di jajaran penyanyi Indonesia profesional. Lagu Serba Salah juga berkumandang di banyak tempat, basis penggemar Raisa pun terus bertambah. Lagu terbaru Raisa terus ditunggu pecinta musik Indonesia. Musik yang easy listening, lirik yang dekat dengan kehidupan sehari-hari terutama cinta, tentunya menambah daya tarik albumnya. Keunikan Raisa juga dari hobinya mengkover lagu barat terbaru via Youtube seperti milik Sam Smith berjudul Stay With Me dan beberapa lagu lainnya. Penyanyi multitalenta ini layak mendapat apresiasi di belantika musik Indonesia.