3 Alasan Pentingnya Ngeblog Untuk Karir dan Kehidupan


pentingnya ngeblog untuk karir

Sering saya temui orang-orang yang memiliki minat menulis berkata pada saya begini,“Menulis itu sulit, makanya saya ingin belajar menulis lebh dalam lagi.”

Padahal sebenarnya mereka yang bilang jika menulis itu susah adalah orang-orang yang memilki kecerdasan cukup dan banyak juga yang memiliki titel pendidikan mentereng. Mengapa berkata jika menulis itu susah? Kita diajari menulis sejak Taman Kanak-Kanak, sesungguhnya menulis itu adalah pembelajaran dasar yang kita terima selain mengenali abjad dan menghapalkan angka.

Masalahnya adalah ketika memasuki Sekolah Dasar, kita dihadapkan pada fakta jika membuat tulisan yang bagus itu dipenuhi dengan teknik. Jika ingin menulis fiksi maka harus disusun unsur intrinsik dan ekstrinsik serta membuat kerangka karangan. Kalau ingin menulis nonfiksi seperti paragraf opini atau argumentasi, maka harus disusun sedemikian rupa agar dikatakan bagus. Semua teknik itu memang bagus, namun efek sampingnya membuat pembelajar berpikir jika menulis itu tidak menyenangkan.

Kita memang perlu belajar, namun dalam menulis blog, maka semua teknik itu tidak terlalu penting. Masih tetap ada kaidah yang harus kita ketahui seperti jangan menuliskan hal yang porno atau bisa memicu pertikaian karena isu SARA. Selain itu, Anda yang ingin menulis topik apa saja juga dipersilakan. Sebenarnya dengan ngeblog, ada aspek bagus yang bisa berkembang baik dari segi karir maupun kehidupan.


Ngeblog Membantu Menjernihkan Pikiran
Ketika kita curhat di blog atau menyampaikan pendapat pribadi menjadi sebuah rangkaian paragraf, sebenarnya itu membantu untuk menjernihkan pikiran. Setelah menulis, tentu kita akan membaca ulang dan mulai merombak atau menghapus jika ada beberapa kalimat yang kurang pas. Sampai akhirnya merasa cukup lalu tulisan dipublish. Rutin melakukan aktivitas ini juga mendorong Anda bisa berpikir jernih ketika menghadapi hambatan di pekerjaan.

Saat saya menerima proyek di kantor atau komunitas yang menuntut banyak percabangan pikiran, biasanya saya akan duduk lalu mulai menulis beberapa cabang ide tersebut dan mengurainya menjadi beberapa kalimat. Kebiasaan ngeblog membuat saya mudah menuangkan ide apa saja meski yang mulanya tidak terlihat penting. Dan dari coretan kasar, saya bisa menemukan satu atau dua alternatif solusi dalam menyelesaikan proyek di pekerjaan.


pentingnya ngeblog untuk karir


Ngeblog Mendorong untuk Menjadi Kreator
Ngeblog adalah cara termudah untuk meningkatkan rasa percaya diri kita. Bagi Anda yang tidak suka membuat prakarya, kurang suka memasak, malu berbicara sambil merekam diri dan mempublish video di Youtube, maka ngeblog adalah cara terbaik untuk menjadikan kita kreator. Siapapun Anda pasti bisa menulis dan menciptakan karya lewat blog. Menulis lalu mempublikasikan tulisan juga butuh keberanian besar. Ketika Anda berhasil melewati ketakutan tersebut, maka Anda pun bisa menambah satu poin plus pada diri. Bisa jadi Anda bisa lebih mudah dalam mengekspresikan ide di pekerjaan atau menambah poin pencapaian pribadi. Kepuasan pribadi dan penghargaan pada diri sangat bagus untuk mewarnai kehidupan Anda.


pentingnya ngeblog untuk karir
creative with blogging


Ngeblog Memperluas Jaringan Kesempatan
Salah satu hal penting agar kita sukses berkarir dan berbisnis adalah memiliki networking luas yang berkualitas. Ngeblog bisa membantu Anda untuk membuka kesempatan baru. Kok bisa? Anda yang memiliki keahlian di bidang tertentu seperti ahli medis, ahli bahasa, fotografi, teknik atau pertanian misalnya, bisa berbagi ilmu lewat blog. Publikasikan tips untuk belajar di bidang yang Anda geluti. Tulisan tersebut akan menjadi salah satu rujukan pembaca untuk mencari informasi.

Jika Anda rutin mempublikasikan tulisan menarik sesuai dengan skill dan latar belakang keilmuan, maka personal branding pun akan terangkat. Orang lain akan menganggap Anda sebagai salah satu blogger dengan keahlian khusus. Tawaran bekerjasama sampai mendapat akses pengalaman baru bisa Anda dapat. Contohnya saya yang kadang-kadang bertuliskan tentang pengembangan pribadi, diundang menjadi pembicara mengenai pengembangan perempuan. Kesempatan itu saya dapat karena salah satu pembaca  menilai jika saya mampu memotivasi orang lain. Dari ngeblog, kesempatan lain pun terbuka. Sungguh bagus unuk pengembangan karir dan aspek pribadi Anda.



Ngeblog bukan lagi milik mereka yang memang mendedikasikan diri untuk menjadi penulis. Anda boleh bekerja sebagai dokter, arsitek, fotografer atau lainnya, namun menjajal ngeblog akan menumbuhkan kemampuan Anda untuk berpikir konstruktif. Blog juga bisa menjadi portofolio karya Anda yang lain. Sudah banyak blog bertemakan prakarya kerajinan tangan, resep masakan, atau memamerkan hasil jepretan foto. Mari menjadikan diri lebih kreatif lagi lewat blog!

4 comments:

  1. Setuju Kak. Kalau saya lebih condong yang kedua, untuk menumbuhkan kepercayaan diri. Selain itu juga untuk meningkatkan kemampuan menulis saya.

    (melaluiruang.blogspot.co.id)

    ReplyDelete
  2. Sementara aku, masih susah banget buat konsentrasi penuh kak, masih ada perasaan malas malas gtu, belum sepenuhnya konsisten

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diperbaiki yaa, biar bisa makin kecapai goalnya 😃

      Delete

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^