Saya adalah perempuan yang tidak bisa mengendarai sepeda motor ataupun mobil, jadi angkutan umum adalah andalan utama jika tidak ada keluarga yang mengantar atau teman nebeng. Sungguh merepotkan apalagi dengan mobilitas tinggi sebagai pekerja dan juga berkomunitas di kota berbeda. Rumah saya di Sidoarjo, bekerjanya di Pasuruan dan aktivitas literasi dengan berbagai komunitas atau workshop yang saya ikuti selalu di Surabaya.
Kalau ditanya kenapa tidak belajar mengendarai sepeda motor, jawabannya adalah karena saya pernah jatuh dan masih menyisakan trauma. Sesungguhnya saya pernah belajar naik motor matik, tetapi selain pernah jatuh, Ayah melarang saya mengendarai kendaraan sendiri. Beliau khawatir karena sering melihat korban kecelakaan lalu lintas di jalan itu perempuan. Untungnya akhirnya saya mengenal aplikasi GOJEK.


Selama ini saya sangat nyaman menggunakan GOJEK, bahkan GOJEK adalah satu-satunya aplikasi kendaraan online yang tidak pernah saya uninstal. Setelah melanglang buana dengan beragam aplikasi lain, hati saya sudah terlanjur terikat dengan fitur GOJEK. Masalahnya, meski selama ini saya selalu nyaman pergi ke mana-mana dengan GOJEK, orang tua saya masih saja sering cemas. Maklum saya satu-satunya anak perempuan dari dua bersaudara jadi wajar jika mereka ingin saya selalu naik kendaraan dengan aman.
GOJEK adalah aplikasi yang selalu memberikan inovasi untuk penggunanya. Saya yang tinggal di kos selama bekerja, sering terbantu dengan fitur GO-FOOD. Terkadang jika ingin mengirimkan buku atau hadiah untuk kawan dalam jarak yang tidak terlalu jauh pun fitur GO-SEND bisa membantu barang sampai di hari yang sama. Kini banyak fitur tambahan dari GOJEK untuk layanan GO-CAR dan GO-RIDE yang ditujukan untuk menambah rasa aman pengguna selama berkendara.



Penghilang Cemas Untuk Keluarga
Nah ada dua fitur tambahan dari GOJEK yang bisa membantu keluarga saya tidak perlu cemas saat saya bepergian yaitu Panggil Bantuan Darurat dan Bagikan Perjalanan. Kedua fitur tersebut akan membantu di kala kita sedang butuh bantuan mendesak dan memberi info pada keluarga yang ingin tahu kita akan bepergian ke mana.
Jikalau terpaksa kita harus bepergian yang dirasa berisiko ada bahaya semacam jalanan rawan kejahatan pada kendaraan melintas, tidak bagus atau pernah ada peristiwa darurat semisal mobil mengalami gangguan atau kecelakaan, maka tekan tombol Panggil Bantuan Darurat yang baru tersedia di GO-CAR.

tombol Panggil Darurat
Tentu saja fitur ini tidak hanya memberi rasa aman bagi penumpang namun juga untuk driver GO-CAR yang sedang bertugas. Setelah tombol ditekan, sinyal tanda bahaya tersebut akan terhubung pada Unit Darurat GOJEK yang siap siaga mengontrol selama 24 jam tiap hari, jadi tak ada hari libur untuk memantau keamanan perjalanan kita. Dan mudah-mudahan sih, kita selalu aman-aman saja di jalan sehingga tidak perlu pakai fitur ini ya. Kabar baiknya, fitur Panggil Bantuan Darurat bisa diakses di seluruh pengguna layanan GO-CAR di seluruh Indonesia sekarang.  Wah, jadi nanti semoga bisa diakses di GO-RIDE juga.
Berikutnya adalah fitur Bagikan Perjalanan yang membantu keluarga saat memantau perjalanan kita. Untuk orang tua saya yang termasuk pencemas, saya bisa mengirimkan tautan berisi informasi titik lokasi pickup dan lokasi saya drop off melalui WhatsApp, LINE, aplikasi pesan lain termasuk SMS. Status perjalanan dari lokasi saya sekarang ketika sedang menunggu driver dalam perjalanan hingga tiba juga tercatat di dalamnya. Saat ini fitur Bagikan Perjalanan sudah tersedia di GO-CAR dan GO-RIDE.

Fitur Bagikan Perjalanan

Bagi kalian yang menggunakan GOJEK untuk mengantar anak-anak pergi ke sekolah atau les misalnya juga akan terbantu karena terdapat fasilitas bagikan perjalanan. Dari keterangan bagikan perjalanan tersebut kita bisa mengetahui informasi pengendara secara mendetail (nama, nomor kendaraan, penilaian dan nopolnya) hingga rute perjalanan yang dipilih. Sangat lengkap bukan? Say no to worry anymore!


Informasi bisa dishare


Jaminan Asuransi dan Peningkatan Kualitas Pengemudi
Pada mulanya saya mengira jika menjadi pengemudi atau driver GOJEK maka asal punya kendaraan sendiri dan punya gawai maka mudah saja untuk apply. Tetapi melihat kenyamanan yang saya rasakan selama ini diantar oleh para driver GOJEK, akhirnya menemukan jawabannya. GOJEK tidak asal memilih driver yang ingin menjadi mitra. Dilakukan penyaringan dan seleksi ketat agar driver terpilih dapat memberikan attitude terbaik selama melayani penumpang.
Peningkatan kualitas pengemudi tersebut selain dilakukan lewat pemberdayaan kompetensi driver yang disebut Bengkel Belajar Mitra, juga para driver mengikuti program RDL GOJEK. RDL adalah singkatan dari Rifat Drive Labs yakni sebuah latihan untuk para driver yang dibimbing oleh Duta Keselamatan Berkendara, Rifat Sungkar.
asuransi untuk penumpang

Selama kurun waktu 4 tahun terakhir ini, lebih dari 300 ribu driver GOJEK di 20 kota di Indonesia telah memperoleh edukasi mengenai attitude seperti kesabaran dan empati pada penumpang, keamanan berkendara, pengecekan sebelum berangkat, serta uji coba praktik. Driver yang memiliki kualitas pelayanan terbaik serta memiliki kontribusi lebih di masyarakat pun berkesempatan mendapat penghargaan yang disebut Driver Jempolan. Driver terpilih mendapat pin penghargaan Driver Jempolan yang tersemat di jaket GOJEK.

Informasi detail driver
Pertanyaan berikutnya yang muncul di benak saya sebagai penumpang, kalau para driver telah dijamin segala kompetensi dan keamanannya, bagaimana jaminan untuk penumpang? Apakah penumpang GO-RIDE akan mendapat fasilitas asuransi?
Tak bisa dipungkiri jika sedang dalam perjalanan, kita juga menghadapi risiko bahaya di jalan yang tidak terduga. Ternyata GOJEK melengkapi fasilitas asuransi penumpang (Passenger Insurance) bagi pengguna layanan GO-RIDE. Tentu kita tidak berharap akan terjadi musibah seperti kecelakaan atau pencurian, namun adanya asuransi tersebut membuat saya merasa jauh lebih percaya lagi pada GOJEK.
Untuk bisa mendapatkan fitur terbaru Panggil Bantuan Darurat di GO-CAR, Bagikan Perjalanan dan Asuransi Penumpang di GO-RIDE ini, jangan lupa update aplikasi GOJEK di gawai kita.
Kini GOJEK memiliki semakin banyak keunggulan sehingga layak disebut sebagai aplikasi ojek online terbaik. Hati semakin tenang dan #uninstalkhawatir ketika berkendara. Jadi saya makin setia deh dengan aplikasi ini, Anda juga install sekarang ya!