Sedekah Tanpa Dana



Sedekah, sebuah frasa yang selalu identik dengan sumbangan atau pemberian uang. Sedekah adalah hal yang penting bagi siapapun agar hidupnya lebih berarti dan tidak menjadi manusia yang lupa dengan sesama. Membagikan sedikit harta yang kita punya,  akan membersihkan ego serta menambah pahala tentunya. Apalagi jika bersedekah di bulan Ramadan.

Lantas jika tidak ada dana mencukupi, apakah kita tidak layak melakukan sedekah? Jawabannya tentu tidak. Siapapun bisa bersedekah, bahkan dengan uang seribu rupiah yang sering kita masukkan di kotak infak masjid pun dinilai sebagai sedekah jariyah. Namun jika memang kita tidak memiliki uang yang cukup karena desakan kebutuhan, ada jenis-jenis sedekah lain yang bisa dilakukan tanpa harus mengeluarkan dana.


Sedekah Senyum

Sering mendengar atau pernah membaca pepatah ini bukan?

Sedekah Senyum
smile to the world


Senyum itu sodaqoh. 

Bagi saya, senyum itu tak hanya membawa efek positif untuk orang lain, diri sendiri yang akan menerima manfaat paling awal dari senyum yang sering kita sedekahkan di depan cermin. Ketika suasana hati memburuk, terkadang saya berdiam diri di kamar. Rebahan di atas kasur sambil menatap langit-langit dan membayangkan apa yang membuat saya kesal seharian tadi.

Saya cari apakah kesal berlama-lama itu menyehatkan? Saya tata rambut, tersenyum di depan kamera untuk melakukan swafoto, lalu bercermin. Betapa jeleknya muka saya ketika sedang cemberut, lalu saya tarik kedua ujung bibir untuk tersenyum. Ajaib! Meski tak sepenuhnya menghilangkan jengkel, saya merasa lebih manis ketika sedang tersenyum.
Senyum itu menular. Cobalah untuk tersenyum di depan orang asing yang wajahnya galak atau di depan teman yang butuh senyum tulus sebagai bentuk penghargaan! Mereka tak butuh diberi uang, cukup dengan senyum lebar atau senyum kecil yang ikhlas diberikan, maka kebahagiaan pun bisa berkembang. Sederhana bukan?


Sedekah Waktu

Beberapa sahabat baik menyebut saya sebagai teman yang enak dijadikan tempat curhat. Saya akui, sepertinya saya memang memiliki aura buku harian (ya in julukan teman-teman dekat juga, haha) sehingga orang yang baru kenal pun bisa percaya untuk curcol. Bagi saya, mengetahui cerita-cerita mereka yang mungkin tidak mudah diungkapkan ke orang lain adalah sebuah keberuntungan.

Sedekah Waktu
Good time with friends


Saya hanya menyediakan telinga untuk mendengar dan menyedekahkan waktu sejenak menjadi tempat curhat. Walau tak selalu bisa memberikan saran, rata-rata orang yang ingin curhat sudah cukup lega karena diberi waktu menumpahkan unek-uneknya. Jangan meremehkan sedekah waktu. Saat saya sedang stres, marah atau sedih, biasanya saya akan mengirim pesan ke sahabat terdekat. Saat mereka mau meluangkan waktu untuk mendengar atau membalas pesan saya, wah hati ini sangat senang.


 Sedekah Tenaga

Jika punya waktu lebih, kenapa tidak menyumbang tenaga untuk bersedekah? Bersedekah tidak harus dari kaum berpunya pada kaum fakir, menyumbangkan tenaga juga sebuah tindakan yang sama berartinya. Saya merasakan gembiranya ketika ada orang yang mau membantu dan menyumbangkan tenaga demi acara yang bahkan tidak berkaitan dengannya.

 Sedekah Tenaga
share our power and spirit to other



Beberapa tahun lalu semasa masih menjadi anak kuliahan, saya pernah ditunjuk menjadi ketua panitia festival budaya berbau jepang di kampus. Acara ini juga rutin menyelenggarakan lomba untuk anak sekolah. Sempat khawatir karena banyak hal yang belum terselesaikan, ternyata menjelang hari-H, banyak senior dan yunior yang sukarela menginap di kampus demi membantu menyelesaikan sisa dekorasi yang belum dibuat. Andai tidak mendapat sumbangan tenaga dari mereka, acara saya mungkin tidak terlaksana.

Sedekah Ilmu

Berbagi ilmu adalah hal yang banyak disukai orang. Ketika kita sukarela menyedekahkan waktu dan tenaga untuk berbagi ilmu, orang lain akan sangat menghargainya. Ilmu yang kita miliki tidak untuk dipeluk sendirian. Saya merasakan jika sesekali berbagi pengetahuan tentang menulis, meski bagi saya sepele, rupanya bisa meninggalkan kesan mendalam bagi si penanya.

Sedekah Ilmu
share your knowledge

Ilmu yang bermanfaat akan menjadi ladang amal berkelanjutan bagi kita. Ilmu tidak akan hilang jika dibagi, ini rumus yang sudah kita ketahui.


Sedekah tanpa dana itu tidak sulit, bukan? Yuk, perbanyak sedekah tak hanya dengan uang tetapi juga dengan empat hal yang bisa kita berikan tanpa perlu banyak berpikir.

0 Comments