Pakai Hansaplast Spray, Cara Modern Untuk Membersihkan Luka



            Saat menjalani aktivitas sehari–hari, seringkali kita mengalami luka yang dialami secara tidak sengaja. Misalnya saat mengiris bawang, tiba–tiba jari tergores sayatan pisau. Suatu kejadian yang tidak diinginkan yang harus melukai jari hingga berdarah. Pertolongan pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan segera membersihkan luka tersebut.
            Biasanya, saat bagian tubuh ada yang terluka, langkah awal yaitu dengan langsung membersihkan bagian tersebut dengan air mengalir. Saat ini, ada produk bagus yang bisa Anda pakai untuk mengatasi luka yang Anda alami. Produk tersebut adalah Hansaplast spray yang bisa digunakan sebagai pembersih luka ringan, perawatan luka setelah operasi dan perawatan untuk luka bakar ringan.
Produk ini bermanfaat untuk membantu proses penyembuhan secara maksimal. Hebatnya lagi, saat digunakan di bagian tubuh yang terluka, produk ini tidak menimbulkan rasa nyeri atau sakit dan bisa melindungi luka dari infeksi.
            Jika instansi kesehatan seperti puskesmas dan rumah sakit menggunakan produk yang mengandung Polyhexanide (PHMB) untuk membersihkan luka, kini Hansaplast mengeluarkan produk terbarunya yang bisa membantu siapa saja untuk mengatasi luka yang mereka alami.
Hansaplast spray juga merupakan produk yang mengandung zat antiseptik yang dijual bebas tanpa resep dokter yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi luka. Kelebihan dari produk ini yaitu tidak berbau, tidak meninggalkan noda dan tidak menimbulkan rasa perih.
.           Sebagian besar orang bahkan belum menyadari bahwa membersihkan luka sebelum diobati adalah hal yang penting. Luka yang Anda alami harus dibersihkan dengan benar sehingga proses penyembuhan bisa lebih cepat dan infeksi bisa dicegah. Alasannya adalah saat luka terjadi maka kulit berada dalam kondisi terbuka dan lapisan pelindung kulit berada dalam kondisi yang rusak.
Kondisi ini membuat kotoran dan bakteri lebih mudah masuk melalui luka tersebut. Infeksi akan lebih mudah terjadi ke bagian kulit yang lebih dalam apabila luka tersebut tidak segera dibersihkan.


Setelah mengetahui produk Hansaplast spray, Anda bisa menggunakan produk ini untuk merawat luka dengan mengikuti cara berikut :
1. Hentikan pendarahan dengan menggunakan produk hansaplast spray. Semprotkan dari jarak sekitar 10 cm ke arah luka.
2. Selanjutnya keringkan bagian di sekitar luka dengan perlahan dan hati–hati.
3.  Setelah dibersihkan dengan hansaplast spray, gunakan plester hansaplast. Cara ini dilakukan untuk melindungi luka dari kotoran dan bakteri.
4. Hansaplast salep juga bisa digunakan untuk menutup luka dan membantu mempercepat proses penyembuhan luka dan mencegah terjadinya bekas luka.

            Inovasi yang dilakukan Hansaplast salah satunya adalah dengan adanya produk hansaplast spray ini. Bisa dibilang, Hansaplast adalah ahli produk pertolongan pertama untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Dalam sebuah acara di Jakarta, dr. Adisaputra Ramadhinara seorang dokter spesialis luka pertama menjelaskan bahwa produk pembersih luka yang beredar di pasaran mayoritas mengandung bahan yang bisa menyebabkan perih dan meninggalkan noda. 

Sumber : Detik Health

Menurut dr. Adi, produk yang seperti itu tidak direkomendasikan karena bisa menutupi luka dengan warna yang bukan warna asli luka sehingga keadaan luka yang sebenarnya tidak dapat terlihat.
                Jika berbagai anggapan yang mengatakan bahwa beberapa produk yang menimbulkan perih adalah produk yang bagus maka itu hanyalah sebuah mitos. Anggapan lain yang sebenarnya salah yaitu luka tidak boleh ditutup karena bisa membuat lembab dan tidak kering. Padahal, luka yang ditutup dengan plester dan menjadi lembab bisa membuat proses penyembuhan lebih maksimal.
Menutup luka juga bermanfaat untuk menjaga agar kuman dan bakteri tidak  mudah masuk. Satu hal yang juga penting menurut dr.Adi yaitu membersihkan luka kembali setiap penggantian plester dilakukan.
Rawat luka dengan lebih cermat agar penyembuhannya lebih maksimal. Hansaplast spray bisa menjadi produk andalan di tiap pengobatan luka.


Comments