Inilah Kursus Online Gratis untuk Mengisi Waktu di Rumah

kursus online gratis bersertifikat


 

Himbauan untuk belajar di rumah sudah diterapkan hampir sebulanan ini. Saya yang biasanya pulang ke rumah seminggu sekali, memutuskan untuk tidak pulkam dulu selama beberapa minggu. Jadi di akhir pekan, saya hanya menyibukkan diri dengan menulis, olahraga, nonton drakor, belajar bahasa asing dan belajar hal lain dari platform kursus online. Ada beberapa kursus online gratis yang telah saya coba ikuti dan sekarang masih dalam proses belajar.

Sekarang sudah banyak bermunculan platform kursus online gratis yang diisi oleh pengajar berpengalaman. Saya sudah mencoba sejak kira-kira 3 tahunan lalu di Coursera dan EdX. Para pengajarnya berasal dari universitas luar negeri berpengalaman seperti Harvard University.

Lalu kini ada beberapa platform lain yang tidak kalah bagus sebut saja IndonesiaX dan Udemy. Dua platform tersebut juga menyajikan kelas dalam Bahasa Indonesia. Pilihan kursus online gratisnya beragam. Jika di IndonesiaX, pembelajar yang lulus ujian akhir akan mendapat sertifikat yang bisa ditebus dengan membayar. Kalau saya sih sengaja belajar bukan hanya untuk sertifikat tetapi ilmunya yang daging banget.

 

4 Kursus Online Gratis yang Oke Selama Masa Pandemi

Pilihan kursus online gratis yang akan saya jabarkan berikut ini tidak hanya menambah wawasan, tetapi juga meningkatkan skill untuk lebih kritis sekaligus berpikir lebih positif.

 

  1. English For Media Literacy di Coursera

 

Saya menyelesaikan kursus ini sekitar dua tahun lalu. Pengantar bahasanya dalam Bahasa Inggris tetapi kita bisa mengunduh subtitle Bahasa Inggris sekaligus mengunduh teksnya. Di sini kita akan diajari dasar-dasar penyampaian informasi di berbagai media. Bagaimana jenis bahasa yang digunakan dan tujuan dari media itu sendiri sampai mengenali hoaks.

Contohnya adalah saya jadi tahu jika penggunaan warna pada baliho dan jenis media sosial tertentu punya tujuan tersendiri untuk mempengaruhi pembacanya. Kursus online gratis ini membantu saya untuk lebih kritis dan tidak mudah terpancing dengan postingan orang lain. Coursera juga termasuk platform kursus online gratis bersertifikat. Klik link kursusnya di sini.

 

  1. Discover Yourself: Values, Strengths, Vision, EQ, and more di Udemy

 

kursus online bersertifikat


Kalau kursus ini masih sedang dalam proses saya pelajari. Baru selesai dua bab dan saya rasa kursusnya cukup recommended. Berdiam lama di rumah seringkali membuat kita tertekan dan merasa kurang produktif. Inilah saatnya kita mengevaluasi kegagalan dan impian yang ingin dicapai. Slow life but not slow thinking. Belajar mengenali nilai diri, kekuatan, visi dan emosi akan membuat kita makin siap selama masa pandemi masih belum usai. Ikuti kursusnya di link ini.

 

  1. Milenial dan Kesehatan Mental di IndonesiaX

kursus online bersertifikat


Di tengah masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, kesehatan mental juga berisiko mengalami gangguan jika kita tidak bisa mengatasi stres dan tekanan yang ada. Saya sangat peduli dengan hal ini karena ketika stres berat, biasanya gastritis meningkat hingga kualitas hidup terganggu, apalagi usia saya termasuk di golongan milenial.

Kursus ini menjelaskan istilah-istilah penyakit kesehatan mental yang sering terjadi di usia produktif sehingga bisa diikuti oleh siapa saja. Tidak semua gejala berarti mengarah pada positif mengidap gangguan. Kita diarahkan agar tidak menganalisa sendiri, namun lebih peka jika ada yang tidak beres pada diri atau orang terdekat.

Pemeriksaan pada ahlinya tetap menjadi jalan terbaik jika gejala sudah tidak bisa ditangani sendiri. Klik link kursus di sini. Kursusnya gratis, hanya jika lulus dan ingin sertifikat maka ada biayanya. Asyiknya saya mendapat hadiah karena mengisi survei IndonesiaX hingga bisa mengunduh sertifikat gratis.

 

  1. Pengantar Ekonomi dan Keuangan Islam di IndonesiaX

 

kursus online bersertifikat


Setelah beberapa tahun bekerja, saya sangat tertarik untuk mempelajari soal mengatur kesehatan finansial pribadi. Niat mengikuti kursus online gratis ini adalah agar wawasan soal ekonomi Islam jadi bertambah. Sebagai seorang muslim rasanya ada perlunya juga belajar hal ini. Jika tertarik belajar, bisa klik link di sini.

 

Saat ini ada beberapa kursus lain yang sedang saya ikuti di Udemy. Jika sudah selesai, akan saya tuliskan artikel lagi. Oya, artikel ini bukan untuk sponsorship ya, jadi murni ide dari saya pribadi. Selamat belajar!

Post a comment

4 Comments

  1. wah bisa banyak belajar hal baru yg penting hrs punya kuota

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting kuota paket, lebih murah. Aku 50rb per bulan, bisa akses sepuasnya unlimited ..

      Delete
  2. Tambahan coba unduh aplikasi ruang kerja dan inspigo .. Insya Alloh wawasana dan skill kita bertambah!!! Hehe

    ReplyDelete

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^