5 Podcast Tips Penulis Produktif


 

5 podcast tips penulis produktif

 

Adakah yang suka mendengarkan podcast? Podcast kini popularitasnya makin meroket setelah banyak influencer sekaligus tokoh yang menyajikan obrolan atau monolog inspiratif lewat podcast. Podcast membuat kita mudah untuk membuat channel semacam siaran radio sendiri. Saya tertarik membuat podcast sejak setahun lalu dengan nama Wordholic Podcast. Kali ini saya membagikan beberapa link tips penulis produktif yang juga bagus untuk memperbaiki mindset. Podcast juga bisa didengarkan di browser. Jika di Spotify nama akunnya 'Reffi_D'.

 

Menulis dan Bakat

Ketika menulis atau berbagi tentang tips menulis produktif di medsos, ada pertanyaan yang masuk, “Apakah menulis itu harus memiliki bakat?” Di podcast ini saya menjelaskan jika dalam passion apapun termasuk dalam menulis, bakat adalah hal yang beruntung dimiliki jika seseorang telah mengetahuinya sejak dini. Akan tetapi bakat saja tidak cukup, ketekunan menjadi kunci bagaimana seorang penulis itu sukses atau jalan di tempat.

Bakat adalah sebuah privilege. Jika seorang penulis telah sadar dengan bakat dan memolesnya secara maksimal, langkahnya mungkin bisa lebih cepat. Masalahnya dalam perjalanan menuju kesuksesan, ada yang namanya hinaan, kegagalan, atau rasa lelah. Mengandalkan bakat saja tanpa memiliki growth mindset (mindset yang bertumbuh), pasti akan menghalangi seorang penulis untuk produktif berkarya. Podcast bisa didengarkan di sini.


tips penulis produktif

 

Suka Duka Blogging

Selain dari menulis novel, saya juga dikenal sebagai bloger. Aktif menulis blog adalah salah satu cara untuk mengungkapkan opini.  Seiring berjalannya waktu, saya ingin menjadikan blog bernilai rupiah. Lewat podcast ini, saya menceritakan apa saja suka duka selama membangun blog. Produktif menulis artikel di dalam blog juga beriringan dengan pengalaman yang tidak selalu ramah jika diingat.

Di beberapa kesempatan saat memberikan tips penulis produktif, saya menganjurkan untuk memiliki blog. Jika kita rutin mengisi blog dan tak membiarkan blog kosong berbulan-bulan, otot produktivitas pun akan lebih terasah. Kumpulan artikel blog bisa dibukukan seperti karya saya di Penerbit Ellunar yang berjudul Kata Reffi. Podcastnya bisa didengarkan di sini.


2 Hal Penting Agar Tulisan Bisa Selesai

Ada rutinitas yang saya lakukan agar tak hanya produktif dalam menulis tetapi juga bagaimana caranya supaya tulisan bisa selesai. Problem yang sering terjadi di antara para penulis adalah kekurangan waktu, malas, kurang ide, dan segudang alasan lain hingga tak ada satupun tulisan yang dibuat. Coba dengarkan podcast di sini dan cermati apa yang saya lakukan agar tulisan bisa selesai sesuai target.

tips penulis produktif

 

Menjadi Penulis Harus Siap Gagal dan Siap Berhasil

Hal penting yang perlu diingat dalam strategi menulis apapun termasuk tips penulis produktif adalah camkan di kepala jika keberhasilan serta kegagalan adalah sepaket. Ketika masih merintis karir kepenulisan, jalannya tidak selalu mulus. Ada kalanya kita menang lomba lalu lolos seleksi, ada waktunya karya kita malah tidak dilirik penerbit manapun.

Sekali lagi saya membahas betapa pentingnya mental tangguh dan mindset bertumbuh untuk menjadi penulis profesional. Jika nama besar sudah diperoleh pun, jangan sampai kita sombong dan malah takut untuk membuat karya lebih banyak. Podcast bisa didengarkan di sini.

 

3 Hal yang Perlu Disiapkan dalam Menulis Konten

Menulis konten atau blog harus dilakukan secara konsisten. Jika ingin blog kita lebih dikenal dan bagus rankingnya di Google, maka kita harus rajin mengupdate isinya dengan artikel baru. Tips penulis produktif untuk menulis konten bisa didengarkan di sini. Tentunya tak hanya jumlah tulisan yang diperbanyak tetapi juga kualitas pun harus diperhatikan.

 

Kumpulan podcast di atas semoga membantu kalian yang sedang berusaha mencari tips penulis produktif sekaligus belajar mengatur mindset. Tinggalkan pesan suara melalui aplikasi Anchor jika ada pertanyaan atau saran.

Post a comment

2 Comments

  1. Thank you tips-tipsnya kak. Saya bakal cek podcastnya supaya bisa jadi penulis yg baik :)

    Nah, masalah konsisten untuk posting itu yang paling parah sih wkwk

    ReplyDelete

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^