Tips Memilih Kost untuk Mahasiswa Secara Aman

tips memilih kost untuk mahasiswa


Bulan ini sedang ramai-ramainya para remaja yang baru lulus SMU dan menunggu hasil SBMPTN 2020. Jangan bersedih ya walau tidak lulus di PTN pilihan, masih banyak kampus keren yang bisa kalian masuki. Menjadi mahasiswa adalah kesempatan untuk mulai hidup mandiri seperti tinggal di kost. Tips memilih kost untuk mahasiswa ini akan membantu agar lebih siap dan aman dalam menemukan hunian kost yang nyaman.

Bagi yang belum pernah tinggal di kost, pasti akan ada perasaan takut sekaligus waswas. Apakah kira-kira bisa hidup jauh dari orang tua? Bagaimana nanti kalau teman baru di kost itu kurang baik sifatnya? Kalau tidak jago masak, apakah bisa hidup hemat dengan uang kiriman orang tua? Serta masih banyak lagi pertanyaan yang memicu keresahan.

Jangan cemas. Takut itu wajar karena tinggal di kost pasti akan menjadi pengalaman berharga apalagi bagi kalian yang menjadi mahasiwa rantau. Yuk simak tips memilih kost untuk mahasiswa di bawah ini.

 

1.   Tentukan Budget dan Harga Kost

Sebelum mulai mencari kost, cobalah untuk membicarakan dengan orang tua terkait budget dan harga kost yang dibutuhkan. Misalnya ingin mencari kost murah di Jakarta bagi kalian yang diterima di sana, sesuaikan budget dan tentukan jarak lokasinya dengan kampus.

 

tips memilih kost untuk mahasiswa

Kalau budget kos sudah tahu, mulailah perburuannya. Makin dekat jarak kost dengan kampus, pasti harga kost akan makin mahal. Ketika bertanya pada pemilik kost, pastikan juga apakah harga kost ini bentuknya bulanan atau dalam periode tertentu, perlukah deposit, untuk harga listrik apakah terpisah, berapa tambahan harga jika ingin membawa barang elektronik. Soal biaya ini butuh pembicaraan transparan agar mendapat informasi lengkap sejak awal.

 

2.   Cek Fasilitas

Setelah memastikan hunian kost itu aman di kantong, tips memilih kost untuk mahasiswa berikutnya adalah cek fasilitas yang ada. Fasilitas ini juga menentukan harga sewa kost. Untuk kamar yang menggunakan AC pasti lebih mahal dengan kamar yang hanya menggunakan kipas angin.

 

tips memilih kost untuk mahasiswa

Ketika sedang meneliti kos, periksa kebersihan air, sirkulasi udara di dalam kos, kebersihan, dan tempat parkir bagi yang memabwa kendaraan. Selain kenyamanan, keamanan ini sangat penting untuk dipertimbangkan. Coba tanya warga sekitar kost apakah kost yang sedang dicek termasuk aman atau pernah bermasalah.

 

3.   Kamar Kost

Kamar adalah tempat di mana kita akan lebih sering menghabiskan waktu mulai dari belajar, tidur, makan, sampai bersantai. Jadi memeriksa kamar adalah kegiatan yang tidak boleh dilewatkan oleh calon penghuni kost. Sesuaikan dengan keinginan, misalnya butuh kamar tunggal tanpa ada teman dengan kamar mandi di dalam? Maukah berbagi kamar mandi bersama teman-teman kost lainnya jika tidak ada yang pribadi di dalam kamar?

 

tips memilih kost untuk mahasiswa

Ada kelebihan dan kekurangan dari masing-masing pilihannya. Kalau kita termasuk orang yang sensitif kulitnya dan takut pada risiko penggunaan kamar mandi bersama-sama, maka carilah kamar mandi di dalam kamar. Harganya pasti berbeda. Tentu saja kita harus rajin membersihkan kamar mandi sendirian. Positifnya, kalau menggunakan kamar mandi dan kamar kost bersama teman baru, kita akan belajar bersosialisasi sekaligus kompromi. Biasanya anak-anak kost ini akan membuat jadwal piket membersihkan kamar mandi dan bekerjasama menjaga kebersihan lingkungan kost.

 

4.   Gunakan Teknologi

Seiring perkembangan teknologi, kita juga bisa mencari tempat kost lewat website atau di media sosial. Menggunakan teknologi adalah salah satu cara praktis, contohnya jika masuk ke website khusus mencari kost Jakarta Selatan, pengguna dapat pilihan sesuai budget dan fasilitas yang diinginkan.

 

Inilah beberapa tips memilih kost mahasiswa yang aman dan nyaman. Semoga dengan ini dapat membantu kalian yang sedang tertarik atau butuh informasi tentang pencarian hunian kost.

Post a comment

1 Comments

  1. Tips memilih kost sama dengan belajar untuk hidup lebih mandiri ya seperti mengurus diri sendiri karena akan bertempat tinggal sendiri. Seumur hidup saya enggak pernah ngekost, jadi enggak begitu tahu rasanya sendiri dan mandiri seutuhnya begitu gimana hahaha

    ReplyDelete

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^