Tips Usaha Makanan untuk Pemula


Sejak Covid-19 menyerang banyak negara termasuk Indonesia, banyak sekali perusahaan kolaps hingga merumahkan atau melakukan tindakan PHK kepada karyawannya. Untuk bertahan hidup di masa pandemi ini, kita dituntut untuk berpikir kreatif dan tidak putus asa agar roda perekonomian bisa berjalan pelan-pelan seperti membuka bisnis makanan. Tips usaha makanan untuk pemula di artikel ini akan menjelaskan persiapan apa saja yang harus Anda cermati sebelum mulai.

Usaha makanan atau kuliner adalah jenis bisnis yang tidak kenal kata tren. Tiap orang butuh makan mulai dari makanan pokok sampai camilan dan makanan penutup. Jangan merasa minder jika belum punya pengalaman berbisnis, semua pebisnis hebat dimulai dari tangga yang paling bawah.

 

1.   Persiapkan Modal Usaha

Yang paling penting dalam tiap bisnis termasuk bidang jual makanan adalah modal. Periksa modal yang Anda miliki lalu tentukan jenis makanan apa yang bisa dijual sesuai dengan modal. Contohnya jika Anda memiliki modal sekitar 1 juta rupiah, menjual makanan untuk sarapan atau kue bisa dilirik.


Beda halnya kalau Anda punya modal yang cukup besar, cobalah cari informasi untuk usaha waralaba dari sebuah merk makanan yang cukup ternama. Bagaimana jika modal yang dimiliki di kisaran ratusan ribu? Coba intip resep makanan penutup atau dessert dalam wadah kecil misal puding kreasi.

 

2.   Petakan Pasar yang Dituju

Setelah menghitung ketersediaan modal dan sudah memikirkan jenis makanan yang akan dijual, Anda harus mulai melakukan riset pasar. Riset ini untuk mengetahui jenis makanan apa yang sedang digandrungi atau dibutuhkan. Misalnya, kalau Anda ingin menjual dessert, tentukan range usia pembelinya. Lalu lakukan riset jenis dessert apa yang diminati oleh orang kelompok 18-25 tahun misalnya.

 


Riset pasar juga bisa menggunakan tool internet seperti Google Trend. Anda bisa mengecek berapa banyak jenis makanan yang dijual di wilayah tertentu. Menentukan pasar ini akan membantu Anda membuat konsep menu dan kemasan untuk menarik calon pembeli.

 

3.   Cari Sisi Unik Bisnis

Hal penting dalam tips usaha makanan untuk pemula adalah cari tahu sisi unik bisnis makanan agar orang lain bisa tertarik. Ada banyak menu makanan yang sebenarnya sudah banyak penjualnya tetapi masih menarik minat pembeli misalnya berjualan bakso. Ada bakso yang diberi nama bakso granat, bakso iblis, atau bakso POM Bensin.


Anda dapat mengkreasikan dari mencoba perpaduan menu yang jarang dibuat, kemasan yang unik, atau nama yang menjual. Tentunya harus disesuaikan juga dengan pasar yang dituju serta ketersediaan modal. Riset ini dibutuhkan sambil Anda mulai mencoba sedikit demi sedikit menu makanan yang akan dijual.

 

4.   Mulai Mencari Pemasok Bahan

Tips usaha makanan untuk pemula berikutnya adalah mencari pemasok bahan baku. Bergerilyalah untuk mendapatkan pemasok bahan baku berkualitas dengan harga yang terjangkau. Jangan asal memilih murah tetapi kualitasnya kurang terjamin. Cobalah membeli dari beberapa pemasok berbeda lalu bandingkan hasil ketika bahannya diolah.

tips usaha makanan untuk pemula

Pasokan bahan tidak harus dicari di supermarket mahal, Anda dapat mencarinya juga di pasar tradisional. Kualitas ini harus dicek dari kesegaran bahan, tanggal kadaluarsa, kebersihan, asli atau tidaknya suatu bahan, dan elemen lainnya seperti harga. Jika sudah menemukan agen pemasok yang cocok, ajak untuk bekerjasama dalam jangka waktu panjang sehingga Anda pun berkesempatan memperoleh diskon harga.

 

5.   Tentukan Lokasi Penjualan dan Mulai Promosi

Berikutnya tentukan tempat usaha murah yang tidak menguras bagian modal terlalu besar. Kalau masih pemula, mulai saja bisnis dari rumah. Manfaatkan kecanggihan internet untuk memasarkan bisnis makanan Anda. Beda halnya kalau Anda memiliki modal usaha yang cukup, maka lakukan riset lokasi yang strategis sesuai target pasar.


Setelah semuanya beres, lakukanlah promosi. Buat nama brand serta logo menarik. Pergunakan media sosial dan tools di internet untuk memaksimalkan promosi. Pelajari hal-hal terkait internet marketing yang sangat berguna untuk pengembangan bisnis.

 

Inilah tips usaha makanan untuk pemula yang bisa Anda coba. Tak perlu banyak berpikir, mulai lakukan action sekarang juga.

Post a comment

0 Comments