Friday, 1 August 2014

Tips Membuka Cabang Usaha Ala Sudianto Oei

Sudianto Oei adalah entrepeneur muda yang berhasil membangun jaringan bisnis potensial berbasis internet jaringan. Meskipun Sudianto Oei mulai berbisnis di usia yang relatif muda, ia telah memikirkan bagaimana cara mengembangkan bisnis, strategi agar perusahaan ISP (Internet Service Provider) yang ia kelola tetap eksis dan bagaimana cara mencari peluang untuk menambah cabang usaha.

Hypernet, perusahaan ISP yang dipimpin Sudianto Oei kini terus menunjukkan geliat kemajuannya. Tak ayal lagi, karena bertambahnya jumlah konsumen hingga kota-kota kecil, membuat Sudianto Oei harus berpikir untuk menambah cabang perusahaannya untuk mengkover kebutuhan pelanggan. Dalam membuka cabang bisnisnya pun, ia tak bertindak tergesa-gesa. Inilah beberapa tips dari Sudianto Oei bagi anda yang ingin memperluas cabang bisnis anda di kota atau daerah lain.

1. Lakukan survei secara menyeluruh apakah daerah yang dijadikan sasaran pengembangan cabang usaha memiliki potensi pasar yang bagus. Misalnya, seperti apa yang dilakukan Sudianto Oei dengan Hypernet. Karena sistem Hypernet sebagai perusahaan jasa yang khusus menyediakan produk sistem internet jaringan, dilakukan evaluasi target konsumen di daerah sasaran memiliki pasar yang bagus atau tidak di bidang jaringan internet.

2. Seorang entrepeneur harus pandai mencermati potensi daerah tujuan pengembangan bisnis. Sebuah daerah bisa memiliki kemampuan berkembang secara pesat dalam kurun waktu sepuluh tahun atau malah stagnan alias perkembangannya tersendat-sendat. Anda bisa memperhatikan dari pembangunan daerah tersbeut seperti dari jaringan industrinya,  perhotelan, kekuatan perbankan dan akses transportasinya. Sebelum memutuskan membuka cabang bisnis baru, anda harus melakukan pengamatan menyeluruh pada hal-hal yang dibutuhkan perusahaan kita sebagai pondasi awalnya.

3. Anda juga harus bekerjasama dengan pemerintah setempat untuk menyelesaikan permasalahan perizinan tempat usaha, pembangunan dan izin membuka usaha baru. Banyak bisnis baru yang tersendat akibat masalah perizinan usaha, seperti kasus yang masih hangat di daerah Surabaya, tentang ditutupnya akses parkir wahana wisata baru Surabaya Carnival karena belum lengkapnya perizinan lalu lintas.

Mempersiapkan secara matang sarana pendukung bisnis anda sejak awal, akan mempermudah jalannya pembukaan cabang usaha yang baru. Jangan terburu-buru, lakukan selangkah demi selangkah di tiap tahapannya. Minimalisir masalah yang akan ditimbulkan sejak dini seperti masalah perizinan dan lain-lain. Jangan sampai membuka cabang bisnis baru malah menambah masalah dan memecah konsentrasi anda. Mari berbisnis secara smart dan bijak.

3 comments:

  1. Excelent,semangat dan visi yang jauh eksis.

    ReplyDelete
  2. keren banget tipsnya. blog yang seperti ini yang saya suka..selalu memberikan informasi yang bermanfaat untuk para pembaca..update trus sob by
    cara mendapatkan uang dari internet

    ReplyDelete
  3. trims banget untuk tipsnya. blog seperti ini yang saya suka..selalu memberikan informasi yang bermanfaat untuk para pembaca..update trus sob by
    cara menghasilkan uang dari internet

    ReplyDelete

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^