Sunday, 1 May 2016

Jejak Mimpi Mengikuti Merry Riana

sumber: goodreads





Judul Buku : Follow @MerryRiana
Penulis : Debbie Widjaja
Jumlah Halaman : 354 halaman
Tahun Terbit : April 2013
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama


Kita seringkali salah menilai jika sebuah kebahagiaan itu hanya berdasarkan dari kepuasan materi. Memiliki uang yang cukup, karir mapan, dan juga semua hal yang bisa dinilai secara nominal adalah tolok ukur kebahagiaan yang awam dipahami oleh banyak orang. Lewat novel ini, Debbie mengisahkan cerita yang memiliki alur progresif sekaligus menyentuh mengenai pencarian makna mimpi dari seorang gadis bernama Bella.

Bella mengenal sosok Merry Riana melalui buku biografi yang dibawakan oleh kekasihnya, Bastian. Gadis cerdas dan mandiri ini sangat terinspirasi dengan kisah hidup sang motivator perempuan nomor satu tersebut. Kesulitan dan hambatan yang dialami Merry Riana, bisa diatasi dengan kerja keras yang super gigih. Semangat Merry mendorong Bella untuk mencoba keluar dari zona nyamannya di perusahaan dan mengikuti program NEXT untuk menjadi pemimpin di perusahaan. Di sinilah kisah sesungguhnya dimulai.
Mulanya keluarga dan juga kekasih Bella sangat mendukung untuk mengikuti program NEXT. Apalagi setelah Bastian menjelaskan jika ingin melaksanakan pernikahan dengan biaya sendiri, tentunya mereka membutuhkan nominal tabungan yang cukup. Jika bisa lolos dalam program NEXT, gaji Bella akan berlipat dan tujuannya untuk menyelenggarakan pernikahan yang indah otomatis bisa tercapai, itu yang tertanam dalam benaknya.

Nyatanya, setelah lulus dalam program NEXT, Bella harus pontang-panting menyesuaikan diri dengan ritme kerja yang full deadline sekaligus menyita waktu liburnya. Semakin baik performa kerjanya, maka semakin besar dan banyak tanggung jawab. Di tengah-tengah cerita, Bella mulai mempertanyaan apakah jalur yang ditempuhnya sudah benar? Karir yang dipilih apakah sudah menjadi passionnya? Apalagi di saat keluarga, sahabat dan juga kekasih mulai protes serta marah dengan kesibukan Bella yang di luar batas. Di saat sedang galau inilah, kalimat-kalimat Merry Riana yang termaktub dalam buku serta timeline twitter, menjadi semacam obat penawar gisah Bella.

Novel ini menjadikan Mery Riana sebagai sosok sentral, namun tidak serta merta fokus hanya padanya. Justru perjalanan Bella dalam mencari jati diri itulah yang menjadi daya tariknya. Berada di ambang kehancuran dan putus asa yang dalam, tak hanya dialami Bella. Isi cerita dalam novel sangat relevan dengan gaya hidup dinamis masa kini yang mulai mendewakan uang, namun di dalam hatinya mulai tumbuh kehampaan. Apa yang akan terjadi pada Bella? Dan panggilan hidup apa yang akan dipilihnya, jawabannya hanya bisa diketahui dengan membaca buku ini. Selamat berkontemplasi.

1 comment:

  1. wah penasaran dengan bukunya ini, baca reviewnya aja serasa pengen baca keseluruhan. thanks untuk artikelnya.

    ReplyDelete

mohon memberi komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA .. terima kasih telah berkunjung ^_^